Indonesia Kebabak Utama Olimpiade Catur Online 2020

KBRN, Jakarta : Tim Catur Indonesia akhirnya mencapai target awal setelah secara dramatis lolos ke grup elit dunia pada Olimpiade Catur Online 2020, setelah di pertandingan terakhir Pool A Divisi 2, Minggu (16/8/2020), meraih kemenangan meyakinkan  atas Bangladesh, 5,5 - 0,5 MP.

Selama pertandingan Olimpiade catur online ini, tim Indonesia yang berkekuatan 11 pecatur bermarkas di Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kemenangan di partai terakhir kontra Bangladesh membuat total poin yang dikumpulkan Indonesia menjadi 12, hasil dari enam kemenangan dan tiga kekalahan. Sementara itu, Australia yang menjadi saingan Indonesia, kalah dari Belarusia 2,5 - 3,5 MP sehingga  membuat total poin tim negeri kanguru tertahan di angka 11.

Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi), Kristianus Liem yang juga kapten  tim Indonesia mengatakan, lolosnya Indonesia ke grup elit berlangsung sangat dramatis karena selain harus ditentukan oleh hasil pertandingan Australia, tim Indonesia juga sempat diganggu oleh sinyal internet yang buruk.

Sebelumnya hingga pertandingan ketujuh, Indonesia yang kalah telak dari Bulgaria, tertinggal satu poin dari Australia.

“Perjalanan hari ini untuk menentukan posisi Indonesia masuk grup elit bisa dibilang sangat dramatis, karena terkendala matinya jaringan internet akibat hujan lebat di Cisarua saat tim Indonesia akan jumpa pemuncak klasemen Bulgaria,” ungkap Kristianus Liem.

Gangguan jaringan internet masih berlangsung hingga di laga terakhir jumpa Bangladesh, dan itu sempat membuat khawatir karena di atas kertas kualitas tim Indonesia di atas lawannya itu.

“Usai menang atas Bangladesh, pecatur Indonesia yang sebelumnya hanya diam membisu, sontak berubah menjadi gembira karena ini menjadi penentu untuk bermain di babak berikutnya di arena Olimpiade Catur Online ini,“ tambah Kristianus.

Di samping itu, tim catur Indonesia bersyukur bahwa internet tidak mati lagi dan anak-anak bisa konsentrasi untuk menang. Neruntung dilaga lainnya Australia kalah sehingga Indonesia lolos ke divisi satu.

“Keberhasilan lolos grup elit dunia Olimpiade Catur Online kami dedikasikan untuk HUT RI ke-75 yang jatuh tanggal 17 Agustus sekaligus memberikan penghormatan bagi para pejuang, dan bertekad memberikan yang terbaik di babak berikutnya,” imbuh pecatur putri IM Irene Kharisma Sukandar.

Di divisi satu, Indonesia menjadi satu dari total 40 tim yang akan berkompetisi. Jumlah 40 itu terdiri dari lima tim unggulan, 20 tim terbaik yang mewakili zona benua, dan 15 tim yang lolos dari kualifikasi divisi dua. Pertandingan di divisi satu akan dimulai pada 21 Agustus mendatang. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00