Sirkuit Brno, Dikeluhkan Lintasan Sirkuit MotoGP Terburuk

Rider Yamaha, Valentino Rossi. (Dok: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Beberapa rider MotoGP mengeluhkan kondisi linstasan atau aspal Sirkuit Brno.

Hal itu setelah mereka menjalani sesi latihan bebas atau free practice (FP) MotoGP Republik Ceko 2020. 

"Ini (Sirkuit Brno) adalah aspal terburuk yang pernah saya pakai untuk balapan. Tak bisa diterima kalau kami harus balapan di sini. Aspalnya adalah bencana, jauh dari level MotoGP. Seperti berkendara di atas air," jelas rider Aprilia, Aleix Espargaro, seperti dilansir Marca, Sabtu (8/8/2020).

Hal serupa juga diungkapkan, Dua rider Yamaha, Maverick Vinales dan Fabio Quartararo.

Keduanya menilai, adanya benjolan pada lintasan menyulitkan para rider. Bahkan mereka mengatakan harus mengubah gaya balapannya. 

"Jerez sirkuit yang sempurna, tanpa benjolan dan punya cengkraman. Di sini sebaliknya. Sangat sulit, anda tidak boleh banyak terjatuh di sini. Anda harus mengakalinya dengan perangkat elektronik, dan mengubah mentalitas balapan," kata Vinales, rider Monster Energy Yamaha.

"Cengkeramannya buruk. Ini pertama kalinya saya punya masalah dengan ban belakang," timpal Quartararo, pemimpin klasemen sementara MotoGP 2020.

Berebeda dengan lainnya, Valentino Rossi justru memakluminya. Rider veteran Yamaha yang menempati posisi kelima FP III, Sabtu (08/08/2020) sore tadi itu menilai perbaikan lintasan memerlukan biaya yang cukup tinggi. Ditengah kondisi seperti ini, dimana MotoGP dilangsungkan tanpa penonton, menyulitkan untuk melakukan renovasi sirkuit. 

"Masalahnya adalah uang. Kami para pebalap mengatakannya, tetapi dibutuhkan beberapa juta euro untuk membenahinya. Siapa yang mau mengeluarkannya? Tahun ini tidak ada penonton. Ini sirkuit yang tidak banyak dipakai. Keputusan ada di Dorna dan sirkuitnya. Situasinya bukan yang terbaik, tapi sirkuitnya masih sangat bagus, kok," jelasnya. 

Sebagaimana diketahui, Seri Ketiga MotoGP 2020 dilangsungkan di Republik Ceko.

Sirkuit Brno menjadi pilihan dilangsungkannya ajang balap motor paling bergengsi di dunia tersebut, yang bakal berlangsung Minggu (09/08/2020) besok. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00