"Spiderman Indonesia" Target Empat Detik Panjatan 15 Meter

Wawancara RRI bersama atlet Kiromal Katibin yang optimis mencatat rekor dunia kembali di Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022. (Foto: RRI/Danang Sundoro)

KBRN, Jakarta : "Spiderman Indonesia", julukan Kiromal Katibin, bertekad menaklukkan papan panjat 15 meter dalam waktu empat detik. Bila berhasil dalam ajang Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022, ini akan menjadi rekor dunianya yang ketujuh kali.

Kiromal Katibin, atlet asli Batang, Jawa Tengah, menjadi andalan Indonesia untuk meraih medali emas. Ia akan turun di kategori speed. Meskipun begitu, ia menyadari seniornya, Veddriq Leonardo, yang berada di peringkat kedua, menjadi pesaingnya.

"Target saya memecahkan rekor dunia di Jakarta. Iya, target saya empat detik nanti," kata Katibin dalam wawancara di program Dinamika Olahraga RRI, Jumat (23/9/2022). Empat detik tersebut akan menjadi targetnya dalam menaklukkan papan panjat setinggi 15 meter.

"Selama ini saya latihan intensif. Terakhir itu saya mencatatkan (latihan) 5,03 detik. Saya optimis rekor dunia ketujuh didapat,"kata Katibin.

Ia menegaskan bahwa target awalnya adalah emas. Kiromal Katibin sudah enam kali mencetak rekor dunia, dengan satu kali di 2021 dan lima kali di 2022.

"Mohon doa dari seluruh masyarakat Indonesia,semoga bisa tercapai (rekor nanti)," kata atlet kelahiran 21 Agustus 2000.

Indonesia sebagai tuan rumah menurunkan 42 atlet, terdiri dari 22 atlet speed dan 20 atlet lead di seri pertama Kejuaraan Dunia Panjat Tebing di Jakarta. Rinciannya adalah 12 atlet speed putra dan 10 putri, kemudian 10 atlet lead putra dan 10 putri. Dua atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo dan Kiroman Katibin akan bersaing memecahkan rekor dunia.

Sekitar 200-an atlet dunia dari 27 negara akan bersaing di International Federation of Sport Climbing (IFSC) World Cup. Kompetisi berlangsung dari tanggal 24 hingga 26 September 2022 di Lot 16-17 SCBD, Jakarta.

"Persaingan di dunia untuk speed sudah hampir rata kekuatan para atletnya. Tetapi, untuk negara Amerika Serikat, Tiongkok, Spanyol sudah sangat kuat dan tentunya Indonesia," ujar Katibin, menjelaskan persaingan sehari menjelang Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022.

Selengkapnya, Anda dapat menyimak wawancara Danang Sundoro bersama "Spiderman Indonesia", Kiromal Katibin, menjelang Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022, berikut ini:

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar