Marquez Targetkan 'Comeback' di MotoGP Malaysia dan Valencia

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. (Foto: motogp.com)

KBRN, Jakarta: Pembalap Honda, Marc Marquez, menyatakan bahwa dirinya menargetkan MotoGP Malaysia dan Valencia sebagai tempat untuk kembali ke lintasan. Ia pun menepis harapan timnya untuk kembali mengendarai RC213V dalam tes tengah musim di Misano, pada September nanti.

Melansir dari wawancaranya dengan MotoGP.com pada Jumat (12/8/2022), Marquez menyatakan kondisi lengannya sudah jauh lebih baik. Ia merasa lengannya jauh lebih kuat dan terus menajalani rehabilitasi.

"Saat ini, saya merasa oke. Saya terus merasa baikan, dan yang terpenting tulang saya pulih dengan cara yang baik. Kami pun secara bertahap memulai rehabilitasi. Namun, saya baru sekadar lari, renang, dan latihan di gym. Soal kardio, saya sudah mulai bekerja keras agar lebih siap saat kembali," ungkapnya dikutip dari laman MotoGP.com, Sabtu (13/8/2022).

Kini, dipantau selama enam pekan dalam menjalankan proses ini, dan akan kembali menjalani cek medis pada akhir Agustus. Andai pemeriksaan ini menunjukkan ia butuh waktu lebih lama untuk rehat, maka ia akan menuruti saran dokter.

"Akhir Agustus, yakni 12 pekan setelah operasi, itulah saatnya dokter mengecek kondisi tulang saya lebih mendalam. Normalnya, setelah itu kami akan meningkatkan proses pemulihan. Namun, jika pemeriksaan itu membuktikan saya masih butuh waktu dua pekan, maka saya akan tunggu dua pekan juga," ujar Marquez.

Honda pun berharap Marquez kembali berkendara dalam tes Misano, tetapi rider berusia 29 tahun ini tak mau berjanji. Ia bahkan secara blak-blakan menyatakan bahwa target realistis untuk kembali adalah dua balapan terakhir, yakni Seri Malaysia dan Valencia.

MotoGP Seri Malaysia sendiri akan digelar di Sepang pada 21-23 Oktober 2022. Sementara Seri Valencia, Spanyol, pada 4-6 November 2022 mendatang.

"Selama ini saya dengar soal tes Misano. Namun, saya masih belum tahu. Menurut saran dokter, target utama dan target realistis adalah menjalani beberapa balapan saja musim ini. Mungkin bisa di dua seri terakhir, atau cuma satu seri, yakni seri terakhir di Valencia, demi kembali menemukan ritme berkendara," ucap Marquez.

"Dalam balapan nanti pun, saya harus melupakan hasil. Saya hanya harus mencari ritme dan data untuk tes pascamusim setelah balapan di Valencia. Ini penting untuk menjajal motor baru dalam tes, untuk memahami motor lebih baik, dan memberikan masukan yang oke kepada tim kami yang berasal dari Jepang," tutupnya.

Meski sudah absen empat balapan, uniknya Marquez masih menjadi pembalap terbaik Honda di klasemen pembalap. Delapan kali juara dunia ini menduduki peringkat 14 dengan koleksi 60 poin.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar