Momen Striker dan Kiper Garuda Muda Kendalikan Drama Semifinal

Pemain Timnas Indonesia U-16 M. Riski Afrizal (keempat kiri) melakukan selebrasi usai menjebol gawang Timnas Myanmar U-16 saat laga semi final AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, D.I Yogyakarta, Rabu (10/8/2022). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/foc.

KBRN, Jakarta: Penyerang M Rizki Afrizal dan kiper Andika Fathir Rahman menjadi penyelamat Timnas U-16 melaju ke Final Piala AFF U-16 2022. Di final, Indonesia sudah ditunggu Vietnam usai mengalahkan Thailand.

Berlaga di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu (10/8/2022) malam, Rizki menjadi penyama kedudukan melalui tembakan bebas indahnya di babak kedua.

Sementara Andika Fathir Rahman berhasil menggagalkan satu tendangan dari penyerang Myanmar Shine Wana Aung. Andrika dengan sigap membaca arah tendangan yang dilesatkan Shine.

Anak-anak Garuda Muda menang dengan skor 6-5 dalam drama adu penalti, yang sebelumnya dalam waktu normal imbang 1-1.

"Ini menjadi luar biasa karena kita mendapatkannya secara dramatis. Mungkin kalau kita menang dalam waktu normal, tidak se dramatis itu," kata pengamat sepak bola, Daniel Siahaan dalam perbincangan bersama Pro3 RRI, Rabu (10/8/2022).

Dengan kemenangan dramatis Indonesia U-16 membuat peluang menjadi juara Piala AFF U-16 2022 terbuka. Andika Fathir dan kolega bakal menghadapi Vietnam yang sebelumnya sudah berada di final usai mengalahkan Thailand.

Mental Garuda Muda disebut menjadi penentu drama Indonesia melangkah ke final. Sebelumnya pengamat Juprianto juga mengingatkan agar anak asuh Bima Sakti tidak gugup, mengingat kesiapan Timnas U-16 Indonesia yang lebih diuntungkan. 

BACA JUGA: Hadapi Myanmar, Indonesia Tertinggal 0-1 di Babak Pertama

"Indonesia dari segi istirahat lebih banyak. Myanmar praktis punya dua hari istirahat karena sudah dipotong dengan persiapan," katanya dalam diskusi dengan PRO 3 RRI, Rabu (10/8/2022).  

Selain itu, ia menuturkan, secara grafik timnas U-16 Indonesia menang tiga kali dan hanya kebobolan satu gol. Ini menjadi tanda sempurnanya langkah Garuda Muda di laga semifinal Piala AFF U-16 2022.

"Melihat acuan pertandingan, Timnas U-16 Indonesia memang bisa berada di level yang terbaik. Saya bisa katakan tidak ada masalah untuk bisa menciptakan gol," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar