Tim Catur Putri Indonesia Masuk Peringkat Sembilan Dunia

Hasil perlawanan tim putri Indonesia saat menghadapi unggulan 13 Spanyol. Indonesia akan berhadapan dengan unggulan 7 dari Amerika Serikat. Pertandingan dimulai pukul 16.30 WIB atau 15.00 waktu setempat. (Foto: PB Percasi)
Indonesia melawan Norwegia pada babak 9 Olimpiade Catur ke-44 di Chennai, India, Minggu (7/8/2022). Indonesia kalah 1-3. Susanto (kiri) sempat mampu mengimbangi Carlsen sampai langkah 29, namun menyerah di langkah ke-47. (Foto: Kristianus Liem)
Master Internasional Irine Kharisma (kiri duduk) bersama tim catur putri Indonesia didampingi pelatih GM Ruslan Cherbakov (kiri berdiri) dan Manajer Tim Khristianus Liem (berdiri, nomor dua dari kiri), saat Olimpiade Catur. (Foto: PB Percasi)

KBRN, Jakarta: Tim catur putri Indonesia mengukir kejutan besar babak sembilan Olimpiade Catur ke-44 di Chennai, India, Minggu (7/8/2022) malam. Tim putri unggulan 33 ini dimotori Master Internasional (MI) Irene Kharisma Sukandar, MI Medina Wardah Aulia, Woman International Master (WIM) Anastasia Citra Dewi, dan Mariroh Fariha.

Empat pecatur putri terbaik ini berhasil melibas tim Spanyol dengan skor 2,5-1,5 di babak sembilan.  Padahal tim putri Negeri Matador berada pada level 13 besar dunia, atau 19 level lebih tinggi dari Indonesia, seperti disampaikan keterangan tertulis Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi), Senin (8/8/2022).

Pada babak sebelumnya, di babak 8, tim putri Indonesia sudah menekuk Tim Serbia dengan skor 2,5 - 1,5. Dua kali kejutan itu membawa tim catur putri Indonesia melenggang ke posisi makin bergengsi yakni peringkat sembilan besar dunia. Ini pencapaian yang luar biasa, dengan tersisa dua babak yang harus dilakoni tim putri.

Laporan Kristianus Liem, Ketua Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) PB Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia), dari Chennai, India, menyebutkan pertandingan dua babak terakhir ini menjadi pertandingan terberat tim putri Indonesia. Apakah akan turun peringkat atau semakin melejit, sangat tergantung dari konsistensi penampilan tim putri. 

"Memang sangatlah berat," kata Kristianus Liem yang juga seorang analisis catur.

Dia mengatakan, untuk pertandingan babak 10 hari Senin ini, tim putri Indonesia akan berjumpa unggulan 7 Amerika Serikat. 

Tim Putra Kandas

Sementara itu, tim catur putra Indonesia harus mengakui keunggulan Norwegia di babak sembilan. Tim putra Indonesia kalah 1-3.

Grand Master (GM) Susanto Megaranto yang berhadapan melawan juara dunia, Magnus Calsen, sempat mampu mengimbanginya sampai di langkah 29. Pada langkah ke-29 itulah Susanto membuat langkah kurang akurat. Gajahnya mundur ke petak d1, harusnya ke petak e2. Sejak itu Menteri Carlsen dapat menerobos masuk membongkar pertahanannya. Susanto menyerah di langkah ke-47.

Bagi pencinta catur Indonesia, dapat mengikuti jalannya pertandingan Olimpiade Catur putra dan putri Indonesia pada pukul 16.30 WIB sore dari Indonesia Chess dipandu oleh MI Chelsie Monica dan FM Masrurie.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar