'Barce' Haaland Bawa Manchester City Bungkam West Ham 2-0

Selebrasi gol pemain Manchester City, Erling Haaland usai membobol gawang West Ham United pada pekan perdana Liga Premier Inggris 2022-2023 di London Stadium, Minggu (7/8/2022) malam WIB. (Foto: mancity.com)

KBRN, Jakarta: Manchester City sukses membungkam West Ham 2-0 pada pekan perdana Liga Premier Inggris 2022-2023. Seluruh gol The Citizen pada laga di London Stadium, Minggu (7/8/2022) malam WIB diborong oleh Haaland.

Haaland membuka keunggulan City pada menit ke-36 lewat sebuah eksekusi penalti. Striker anyar City itu kemudian mencetak gol keduanya pada menit ke-65 usai memanfaatkan umpan terobosan Kevin De Bruyne.

Hasil ini membuat Manchester City untuk sementara berada di posisi kedua klasemen Liga Inggris 2022-2023 dengan tidga poin. Sementara West Ham turun ke peringkat 16.

Manchester City memulai laga kali dengan kesulitan. Pada menit ke-4, gawang yang dikawal Ederson nyaris bergetar lewat sundulan Michail Antonio andaikan sundulannya tidak melambung.

Baru setelah itu Man City mulai menguasai permainan dan mengurung West Ham dekat dengan kotak penalti mereka. Kevin de Bruyne bahkan sempat mencetak gol di menit ke-27, tetapi wasit menganulirnya karena Ilkay Gundogan yang memberikan umpan dinyatakan sudah offside.

West Ham mengganti kiper, Lukasz Fabianski dengan Alphonse Areola pada menit ke-29. Tiga menit sebelumnya, Fabianski mendapat perawatan karena berbenturan dengan Haaland.

Areola yang baru masuk itu menyebabkan penalti untuk Man City. Ia berupaya mengamankan bola, tetapi justru melanggar Haaland di kotak terlarang. Haaland sukses mencetak gol debutnya di Liga Inggris pada menit ke-36 lewat titik putih. 

Tampaknya, pertahanan tim asuhan Pep Guardiola sangat tangguh menghadang serangan yang dibangun Antonio dan kolega. Sampai akhir babak pertama skor 1-0 pun tidak berubah. Manchester City bisa mengungguli West Ham meskipun gol tercipta lewat tendangan penalti.

De Bruyne dan kolega melanjutkan dominasi seperti babak pertama. Namun, kerja sama dari kaki ke kaki belum bisa merepotkan pertahanan tim asuhan David Moyes pada awal babak kedua.

West Ham pun mencoba merepotkan pertahanan Manchester City. Akan tetapi, sepakan Rice belum membahayakan gawang Ederson pada menit ke-54.

Sampai menit ke-60, Manchester City menguasai bola dengan persentase 75 persen berbanding 25 persen. Tandanya, permainan tim itu lebih dominan dari sang tuan rumah.

Pada menit ke-65, Haaland kembali pamer kualitas karena berhasil mencetak gol. Dia sukses memanfaatkan umpan De Bruyne untuk membawa Manchester City unggul 2-0 atas West Ham. Pada menit ke-75, West Ham mulai menekan tim tamu. Meskipun, tim tuan rumah belum mampu menghasilkan gol balasan.

Pada menjelang akhir babak kedua terlihat para pemain West Ham mulai kelelahan. Hal itu ditandai dengan tidak lagi menjaga para pemain Manchester City dengan ketat. Sampai akhir babak kedua kedudukan tidak berubah. Manchester City menang 2-0 atas West Ham.

Susunan Pemain:

West Ham United: Lukasz Fabianski (Areola 29'); Vladimir Coufal, Kurt Zouma, Ben Johnson, Aaron Cresswell; Tomas Soucek, Declan Rice; Jarrod Bowen, Manuel Lanzini (Benrahma 57'), Pablo Fornals; Michail Antonio (Scamacca 57')

Manchester City: Ederson; Kyle Walker, Ruben Dias, Nathan Ake, Joao Cancelo; Ilkay Gundogan (Bernardo Silva 78'), Rodrigo (Phillips 89'), Kevin De Bruyne (Palmer 88'); Phil Foden (Mahrez 88'), Erling Haaland (Alvarez 78'), Jack Grealish.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar