Borneo FC Benamkan Persib di Papan Bawah Liga 1

Persib takluk dari Borneo FC dalam lanjutan pertandingan kompetisi Liga 1 di Samarinda (Foto: persib.co.id)

KBRN, Bandung: Borneo FC berpesta gol ke gawang Persib Bandung lewat skor 4-1 pada pekan ketiga kompetisi sepakbola Liga 1 2022/2023 di stadion Segiri Samarinda, Minggu (7/8/2022). Gelontoran gol Pesut Etam dipersembahkan oleh Fajar Fathurrahman, Terens Puhiri, Stefano Lilipaly, dan Matheus Antonio. Sedangkan satu-satunya gol Maung Bandung dicetak David da Silva.

Pertandingan baru berlangsung dua menit, tuan rumah langsung menggebrak lewat Stefano Lilipaly. Menerima umpan dari Fajar Fathurrahman, pemain naturalisasi tersebut mencoba menyambut bola tapi gagal menjebol gawang Persib yang dijaga kiper Teja Paku Alam.

Persib balik mengancam di menit ke-6. Bola liar di depan kotak penalti langsung disambar David da Silva. Sayang bola hanya menyamping gawang.

Menit ke-8 Maung Bandung berhasil membobol gawang Borneo FC. Berawal dari lemparan ke dalam oleh Robi Darwis, bola langsung ditanduk David da Silva yang memenangkan duel dengan bek lawan. Jala gawang yang dijaga Dwi Kuswanto pun bergetar membuat Persib unggul 0-1.

Tak butuh lama bagi Pesut Etam untuk menyamakan kedudukan. Pada menit ke-16 aksi menawan Fajar Fathurrahman berhasil mengelabui dua bek lawan di kotak penalti Persib. Fajar yang lolos kemudian melepaskan tendangan keras dengan kaki kiri keras ke pojok kanan atas gawang Teja Paku Alam. Skor pun berubah sama kuat 1-1.

Bertindak sebagai tuan rumah, Borneo FC terus menggempur pertahanan Persib. Hasilnya menit ke-22, anak asuh pelatih Milomir Seslija ini berbalik unggul. Memanfaatkan bola liar dari tepisan Teja Paku Alam, Terens Puhiri tak membuang kesempatan dengan melepaskan tendangan yang membuat kiper Persib harus kembali memungut bola dari gawangnya.

Pada akhir babak pertama, peluang emas didapat Persib melalui Frets Butuan. Menerima umpan datar dari David da Silva, pemain bernomor punggung 21 ini mampu lolos dan langsung berhadapan dengan kiper Borneo. Namun tendangnya masih lemah, sehingga bola dapat dikuasai Dwi Kuswanto.

Usai turun minum, Borneo FC sama sekali tak mengendurkan serangan. Baru semenit babak kedua berlangsung, Stefano Lilipaly kembali mengancam gawang Persib. Fano, sapaan akrabnya, lolos dari kawalan barisan belakang Persib. Tapi tendangan datarnya di dalam kotak penalti masih dapat ditepis Teja Paku Alam.

Menit ke-63, Fano akhirnya berhasil memperlebar jarak. Memanfaatkan kesalahan Teja Paku Alam yang membuang bola dengan kepalanya, pemain yang musim lalu bermain untuk Bali United itu tanpa ampun dari jarak jauh menempatkan bola yang dikuasainya ke jala Persib yang sudah kosong melompong. Skor berubah menjadi 3-1.

Tuan tuan menutup pertandingan dengan gol spektakuler Matheus Antonio alias Pato pada menit ke-86. Berkolaborasi dengan Jonathan Bustos, Pato menerima bola dengan dada lalu melepaskan tendang salto meski dijaga ketat bek Persib. Skor menjadi 4-1 dan tidak berubah sampai akhir laga.

Kemenangan ini membuat Borneo FC melejit ke peringkat tiga klasemen dengan mengoleksi enam poin. Sedangkan bagi Persib, kekalahan tersebut semakin membenamkan Marc Klok dan kolega di peringkat ke-17 karena hanya mampu meraih satu poin dari tiga laga yang telah dimainkan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar