Cabor Para Bulu Tangkis Indonesia Lampui Target

Tim Beregu Putra Para Badminton NPC Indonesia, usai upacara penerimaan medali di Auditorium UMS Solo, Jumat (5/8/2022)/Dokumentasi/Istimewa

KBRN, Surakarta: Tim cabang olahraga (Cabor) Para Bulu Tangkis Indonesia berhasil menutup perjuangan di ASEAN Para Games (APG) XI  2022 Solo dengan catatan impresif. Tim Merah Putih keluar sebagai juara dengan torehan medali emas jauh melampaui target.

Sebelumnya, Tim Para Bulu Tangkis Indonesia ditargetkan untuk meraih 6 medali emas, 4 perak, dan 4 perunggu di ASEAN Para Games 2022.

Namun, Fredy Setiawan dan kawan-kawan secara luar biasa mampu membukukan 13 emas, 9 perak, dan 9 perunggu dari total 19 nomor yang dipertandingkan di Auditorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Solo.

“Ini pencapaian kami yang sangat luar biasa dan sangat lebih dari apa yang kami harapkan,” ujar salah satu pelatih, Nur Rahman kepada RRI, ditulis Sabtu (6/8/2022). 

Ia berterima kasih kepada semua pihak, mulai dari pemerintah, National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, juga suporter yang sudah mendukung hingga mereka dapat berprestasi maksimal.

“Semoga ke depannya kami bisa lebih berprestasi dan lebih didukung lagi. Setelah ini ada Thailand Open dan Indonesia Open di Jogja,” katanya.

Tim Para Bulu Tangkis Indonesia memang sangat dominan dalam ASEAN Para Games 2022. Thailand yang jadi negara terbaik kedua dalam cabor ini hanya kebagian 3 emas, 8 perak, dan 9 perunggu.

Kontingen Negeri Gajah Putih bersaing ketat dengan Malaysia yang berada di peringkat tiga dalam klasemen perolehan medali cabor para bulu tangkis.

Malaysia sejatinya juga berhasil mengamankan 3 medali emas. Namun, skuad Negeri Jiran hanya mendapat 1 perak dan 3 perunggu.

Berikut sebaran perolehan medali ASEAN Para Games 2022 dari cabor Para Bulu Tangkis:

Indonesia: 13 emas, 9 perak, 9 perunggu

Thailand: 3 emas, 8 perak, 9 perunggu

Malaysia: 3 emas, 1 perak, 3 perunggu

Filipina: 1 perak

Vietnam: 3 perunggu

Kontingen Brunei Darussalam, Kamboja, dan Singapura yang juga mengikuti kompetisi cabor para bulu tangkis ASEAN Para Games 2022. Namun pebulu tangkis negara-negara tersebut sama sekali tidak mendapat medali.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar