Piala AFF: Ini Prediksi Indonesia vs Vietnam

Pesepak bola Timnas Indonesia U-16 Waliy Marifat (kiri) berusaha menghindari hadangan pesepak bola Timnas Singapura U-16 Heng Wei Xian (kanan) pada pertandingan AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, D.I Yogyakarta, Rabu (3/8/2022). Timnas Indonesia U-16 berhasil membungkam Timnas Singapura U-16 dengan skor akhir 9-0. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/nym

KBRN, Jakarta: Timnas Indonesia U-16  akan menghadapi  Vietnam U-16 di laga pamungkas Grup A Piala AFF U-16 2022, yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.Sabtu (6/8/2022).

Laga ini untuk menentukan tim mana yang akan menuju semifinal yang akan digelar 6 Agustus 2022 di Yogyakarta.

“Ini adalah duel hidup mati untuk menentukan tim mana yang akan menuju semifinal yang akan digelar 6 Agustus 2022 di Yogyakarta,” kata Pengamat Sepak Bola Ignatius Indro, dalam perbincangan bersama Pro 3 RRI, Jumat (5/8/2022).

Performa timnas Indonesia U-16, menurutnya dalam kondisi baik setelah menang telak 9-0 atas Singapura.

“Jika Garuda Muda bisa mempertahankan performa kita, maka bukan tidak mungkin kita minimal bisa bermain imbang sehingga kita bisa lolos langsung sebagai juara grup,” ujar Indro yang juga Ketua Umum Paguyuban Suporter Timnas Indonesia.

Ia memuji performa dari Iqbal Gwijangge yang mampu membuat pertahanan Indonesia di dua pertandingan pertama tidak kebobolan.

“Ketenangannya dalam mengatur pertandingan dari bawah patut diancungi jempol sehingga pemain-pemain  tengah dan sayap kita lebih percaya diri membantu penyerangan,” kata Indro.

Selain itu, ia memuji  kemampuan penyerang-penyerang seperti Muhamad Nabil Asyura maupun Muhamad Kafiatur Rizky.

“Sepertinya mampu menjawab kebutuhan kita akan striker yang haus gol dengan catatan mereka mampu menjaga atau bahkan mengembangkan kemampuannya hingga ke tingkat senior," ujarnya. 

Untuk itu, kata dia, diperlukan kompetisi usia muda yang baik dan dikelola secara professional.

Indro mencermati permainan Vietnam yang akan menjadi lawan Indonesia pada Sabtu ini. Ia memperkirakan kualitas pemain-pemain Vietnam berada di atas Singapura maupun Filipina.

“Terlebih mereka memiliki daya juang tinggi dan kecepatan,” ucapnya.

Menurutnya, hal ini yang harus menjadi perhatian sang pelatih Bima Sakti. Ia menyarankan agar Indonesia tidak lagi mengandalkan bola-bola atas dan harus lebih bermain dari kaki ke kaki. 

“Kita  juga tidak boleh lengah dan menganggap enteng lawan. Namun jangan pula memberi beban berlebihan kepada Garuda Muda agar mereka bisa bermain lepas,” kata Indro.

Indro memprediksi Indonesia dapat menang melawan Vietnam dalam laga nanti.

“Saya masih meyakini Indonesia bisa menang tipis 1-0 atau 2-0 dengan catatan timnas bermain lepas dan mempertahankan performa ketika melawan Singapura,” ujarnya optimistis.

Di sisi lain, Indro tidak menginginkan pemain yang tergabung dalam Timnas Indonesia U-16 ini diberikan target yang berlebihan.

“Usia muda adalah pembibitan sehingga kita jangan memberi beban target berlebihan karena bisa berpengaruh terhadap psikologis mereka kedepannya,” ucapnya menegaskan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar