Andrea Dovizioso Resmi Pensiun Usai Seri San Marino

Pembalap Yamaha Motor Racing, Andrea Dovizioso. (Foto: motogp.com)

KBRN, Jakarta: Yamaha Motor Racing resmi mengumumkan keputusan Andrea Dovizioso untuk pensiun dari MotoGP lebih awal. Dovi akan mengakhiri karirnya setelah Seri San Marino di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Italia, 2-4 September 2022. 

Hal ini mereka umumkan jelang Seri Silverstone, Inggris, Kamis (4/8/2022). Dalam pernyataan resminya, Dovizioso mengakui keputusan ini diambil karena proyek yang ia dan Yamaha jalankan tak membuahkan hasil sesuai harapan.

"Pada 2012, pengalaman dengan pabrikan Iwata di MotoGP sangat positif bagi saya. Sejak itu saya selalu berpikir bahwa, cepat atau lambat, saya ingin mendapatkan kontrak pabrikan dengan Yamaha," bunyi pernyataan Dovi yang dikutip dari laman resmi Yamaha, Kamis (4/8/2022). 

"Kesempatan ini datang dengan sendirinya, dengan cara yang menantang, pada 2021. Saya memutuskan untuk mencoba, karena saya sangat percaya pada proyek ini dan yakin bisa tampil baik."

"Sayang, dalam beberapa tahun terakhir, MotoGP telah banyak berubah. Situasinya sangat berbeda sejak itu: saya tak pernah merasa nyaman dengan motor kami, dan tak pernah bisa mengeluarkan potensi terbaiknya meski ada bantuan berharga terus menerus dari tim dan Yamaha keseluruhan." 

"Hasil kami negatif, tetapi di luar itu, saya masih menganggapnya sebagai pengalaman hidup yang sangat penting. Ketika ada banyak kesulitan, Anda harus memiliki kemampuan untuk mengendalikan situasi dan emosi dengan baik."

"Kami pun tak meraih obyektif yang kami inginkan, tetapi konsultasi dengan para teknisi Yamaha dan orang-orang di tim saya selalu positif dan konstruktif, baik bagi mereka maupun bagi saya. Hubungan kami tetap setia dan menarik secara profesional, bahkan dalam momen-momen kritis."

"Atas semua ini dan dukungan mereka, saya berterima kasih kepada Yamaha, RNF Racing Team, WithU, dan semua sponsor yang terlibat dalam proyek ini. Ini tak berjalan sesuai harapan, tetapi tepat untuk dicoba. Petualangan saya akan berakhir di Misano, tetapi hubungan dengan semua orang yang terlibat dalam tantangan ini akan tetap terjalin selamanya. Terima kasih," pungkasnya.

Andrea Dovizioso kembali ke MotoGP tahun lalu, di mana ia turun dalam GP San Marino menggantikan Franco Morbidelli di Petronas SRT, yang tahun ini bertransformasi menjadi RNF Racing.

Dovi memutuskan untuk cuti setelah kontraknya dengan tim pabrikan Ducati pada akhir musim 2020. Ia sempat mengambil peran sebagai test rider sebelum menerima pinangan Yamaha untuk gabung RNF.

Tetapi comeback pria 37 tahun asal Italia tersebut tidak berjalan sesuai harapan. Sejauh ini, ia cuma bisa mencetak 10 poin sepanjang MotoGP musim 2022, dengan pencapaian terbaik finis P11 GP Portugal.

Kecewa dengan performanya sendiri, Dovizioso telah beberapa kali mengisyaratkan jika masa depannya selepas 2022 tak termasuk melanjutkan balapan di grid MotoGP, dengan RNF akan beralih ke Aprilia.     

Dan menjelang balapan pembuka paruh kedua musim, GP Inggris di Silverstone akhir pekan ini, Yamaha pun mengumumkan bahwa Andrea Dovizioso akan pensiun usai home race-nya di Misano.

Posisinya untuk sisa enam balapan terakhir tahun ini di RNF bakal digantikan pembalap penguji Yamaha Cal Crutchlow. Di Yamaha, ia sempat mengisi posisi Morbidelli yang cedera tahun lalu pada GP Styria dan Austria dan menggantikan Maverick Vinales dalam GP Inggris dan Aragon.

Yamaha merilis konfirmasi soal perpisahan dengan Dovizioso dibuat selama libur musim panas dengan kesepakatan bersama. Sang rider mencatat “perubahan besar” sebagai bagian dari alasan kesulitannya di atas motor.

Setelah empat tahun membela Honda, Dovizioso pernah membela Yamaha lewat Tech 3 Racing pada 2012 dan meraih enam podium. Ia sempat ingin pindah ke tim pabrikan Yamaha pada 2013, tetapi terhalang oleh kembalinya Valentino Rossi. Alhasil, ia memutuskan menerima tawaran membela Ducati Team.

Membela Ducati selama delapan tahun, Dovizioso meraih 14 kemenangan dan 3 gelar runner up. Namun, rider Italia ini ternyata masih bermimpi membela tim pabrikan Yamaha. Usai vakum pada 2021 dan menjadi test rider Aprilia, Dovizioso menerima tawaran dari Yamaha untuk membela RNF Racing dengan kontrak pabrikan pada 2022.

Meski tak membela tim utama, juara dunia GP125 2004 ini mendapatkan YZR-M1 spek pabrikan terbaru. Sayang, hasilnya tak sesuai harapan. Dalam 11 seri pertama musim ini, hasil terbaiknya hanya finis ke-11 di Portimao, Portugal. Melihat kolaborasi ini tak berprogres, Dovizioso dan Yamaha akhirnya memilih berpisah lebih awal.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar