Singkirkan PSM, Borneo FC ke Semifinal Piala Presiden

Selebrasi gol pemain Borneo FC,Stefano Lilipaly (tengah) bersama rekan-rekannya usai membobol gawang PSM Makassar dalam partai Piala Presiden 2022 yang digelar di Stadion Segiri, Samarinda, Minggu (3/7/2022) malam WIB. (Foto: Twitter @BorneoFC.id)

KBRN, Jakarta: Borneo FC berhak lolos ke semifinal Piala Presiden 2022 usai mengalahkan PSM Makassar dengan skor tipis 2-1 dalam partai yang digelar di Stadion Segiri, Samarinda, Minggu (3/7/2022) malam WIB.

Borneo membuka angka ketika laga baru berjalan enam menit. Agung Prasetyo mencatatkan namanya di papan skor. Borneo menggandakan skor pada menit ke-18. Kali ini giliran Matheus Pato yang membobol gawang PSM.

PSM hanya mampu membalas satu gol di babak kedua. Willem Jan Pluim membobol gawang Borneo lewat eksekusi tendangan bebas. Skor 2-1 untuk kemenangan Borneo FC menjadi hasil akhir laga ini.

Kemenangan ini sekaligus menjadikan Borneo FC sebagai tim keempat yang melaju ke semifinal Piala Presiden 2022. Sebelumnya sudah ada PSS Sleman, Arema FC, dan PSIS Semarang.

Selain itu, Borneo FC juga menjadi satu dari dua tim yang belum terkalahkan sejak fase grup Piala Presiden 2022. Satu tim lainnya adalah PSIS yang pada laga perempat final menang atas Bhayangkara FC lewat adu penalti.

Borneo FC mengalahkan Madura United, RANS Nusantara FC, Persija Jakarta, dan PSM Makassar sebelum memastikan tiket final Piala Presiden 2022. Hanya Barito Putera saja yang sukses menahan imbang tim berjulukan Pesut Etam tersebut.

Tuan rumah langsung tampil menekan sejak awal pertandingan. Pasukan Milomir Seslija berinisiatif bermain ofensif untuk membuat pertahanan PSM Makassar kewalahan. Tak jarang, mereka mendapatkan peluang lewat tendangan sudut.

Hasilnya manis. Agung Prasetyo berhasil membuat Stadion Segiri bergemuruh setelah sundulannya bersarang manis di gawang M. Reza Arya pada menit kelima, memanfaatkan umpan ciamik Jonathan Bustos. 

Selepas gol tersebut, Pesut Etam semakin masif menyerang pertahanan PSM Makassar. Namun, Juku Eja juga tak ketinggalan menerapkan skema serangan balik.

Sayangnya, beberapa upaya Juku Eja selalu terputus di lini tengah. Pada menit ke-18, Matheus Pato berhasil menggandakan keunggulan Borneo FC, setelah memanfaatkan kesalahan M. Reza Arya.

Usai gol tersebut, PSM Makassar terus berupaya untuk membongkar pertahanan Borneo FC. Hingga wasit meniup peluit panjang, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 2-0 menutup babak pertama laga Borneo FC Samarinda vs PSM Makassar.

PSM Makassar baru tampil baik pada babak kedua. Sepuluh menit laga berjalan, sudah ada dua peluang beruntun yang didapat.

Tendangan Everton yang diblok bek Borneo FC diteruskan lagi oleh Yakob Sayuri, tapi kedua peluang belum berbuah gol.

Setelah terus menekan, PSM Makassar baru bisa mencetak gol menit 76'. Sepakan tendangan bebas Wiljan Pluim mendarat telak di beakang gawang Angga Saputro.

Memasuki menit akhir, Yance Sayuri mendapatkan kartu merah karena menendang bola ke arah tribune penonton. Dan hingga bubaran, tak ada gol lagi yang tercipta.

Susunan Pemain:

Borneo FC: Angga Saputro; Leo Guntara, Javlon Guseynov, Agung Prasetyo, Fajar Fathurrahman; Hendro Siswanto, Ezequiel Bustos, Kei Hirose; Stefano Lilipaly, Matheus Pato, Terens Puhiri.

PSM Makassar: Reza Arya Pratama; Safrudin Tahar, Yuran Lopes, Erwin Gutawa, Rizky Eka Pratama; Ananda Raehan, Rasyid Bakri; Ramadhan Sananta, Willem Jan Pluim, Yakob Sayuri; Everton.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar