Perbasi Galang Dukungan Bagi Timnas Basket Indonesia

(kiri ke kanan) Jeremy Imanuel Santoso (Manajer Timnas Bola Basket Indonesiam 5x5 Putra), Arki Dikania Wisnu (Pemain Timnas Bolabasket 5x5 Putra), Nirmala Dewi (Sekjen PP Perbasi), Danny Kosasih (Ketua Umum PP Perbasi), Rajko Toroman (Pelatih Kepala Timnas Basket Idnonesia dan George Fernando Dendeng (Wakil Ketua Umum PP Perbasi Bidang Pembinaan Prestasi). Usai sesi konferensi pers terkait perkembangan persiapan Timnas Indonesia menuju FIBA Asia Cup 2022. (Foto: RRI/ Niar Abdul Litiloly)

KBRN, Jakarta: Jelang pelaksanaan FIBA Asia Cup 2022, Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP PERBASI) terus menggalang dukungan bagi Timnas Basket Indonesia.

Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi dalam keterangannya kepada media menyebut, kesempatan mendampingi Timnas di ajang Sea Games 2021 di Vietnam Mei lalu memberinya pemngalaman yang tidak terlupakan. Salah satunya adalah terkait pengaruh supporter.

Menurut Nirmala, besarnya dukungan publik tuan rumah pada timnas mereka memberi pengaruh yang sangat baik bagi performa tim di lapangan.

“Pada saat Sea Games kemarin di Hanoi, Vietnam, memang kami datang sebagai tamu, tapi kami iri sekali dengan tuan rumah. Karena pada saat itu mereka sedemikian diberi dukungan luar biasa oleh masyarakat Hanoi,” ujar Nirmala dalam keterangannya kepada media di kantor PP Perbasi GBK Arena, Senayan pada Kamis (30/6/2022).

Berbekal pengalaman tersebut, Nirmala pun berharap publik tanah air akan berbondong – bondong memenuhi Istora Senayan untuk memberi dukungan bagi Timnas Merah Putih saat berlaga di FIBA Asia Cup nanti.

“Hari ini kami minta bantuan semua teman – teman media untuk membantu kami mensosialisasikan agar semua masyarakat Indonesia yang cinta basket bisa datang ke lapangan dan memberikan dukungan. Dan pasti sudah pada tau semau bahwa kekuatan pendukung atau kekuatan penonton itu bisa jadi (kekuatan) tambahan untuk teman – teman yang sedang berjuang di lapangan,” tuturnya.

Menurut Nirmala, Timnas Basket Indonesia sangat membutukan dukungan supporter karena Timnas diberi tanggung jawab untuk bisa lolos delapan besar FIBA Asia Cup demi memuluskan jalan menuju FIBA World Cup 2023.

“Karena sekali lagi pertandinagn di FIBA Asia Cup ini adalah pertandingan hidup dan mati, kita harus masuk delapan besar. Kita tidak punya pilihan lain, kita harus masuk 8 besar. Ini tantangan luar biasa untuk PP Perbasi, tantangan juga untuk Timnas kita,” jelas Nirmala.

Nirmala pun memiliki keyakinan yang sangat besar pada perjuangan Timnas Basket Indonesia karena perjalanan berat yang telah dilewati.

“Saya yakin teman – teman (pemain Timnas) juga sudah sangat berjuang sekali, terlihat hasilnya pada Sea Games kemarin. Tanpa istirahat lagi hanya libur beberapa hari mereka sudah berangkat lagi ke Australia. Kemarin kami juga sudah sampaikan, dari 10 game (pertandingn uji coba) kita bisa menang 7 game, dan itu luar biasa baik,” katanya.

Sebelum turun d FIBA Asia Cup pada 12 Juli nanti, Timnas Basket Indonesia terlebih dahulu akan menjamu Arab Saudi dan Yordania pada kualifikasi FIBA World Cup 2023.

Dijadwalkan Indonesia akan bersua Arab Saudi terlebih dahulu di pertandingan pertama pada 1 Juli 2022. Sedangkan pertandingan kedua melawan Yordania akan berlangsung pada 4 Juli 2022.

Dua pertandingan ini akan menjadi pertandingan yang penting bagi Timnas Merah Putih. Pasalnya, Arab Saudi dan Yordania akan menjadi calon lawan Indonesia di Grup A FIBA Asia Cup bersama Australia. Sehingga pertandingan ini akan menjadi kesempatan bagi Indonesia mengukur kekuatan kedua calon lawannya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar