FIBA Asia Cup, Jalan Indonesia ke Piala Dunia

Timnas basket Indonesia akan memperjuangkan peluang lolos ke Piala Dunia Basket 2023 dalam FIBA Asia Cup 2022, bulan ini. (Foto: @ariyakurniawan16/Perbasi)

KBRN, Jakarta: Timnas Basket Indonesia masih berpeluang lolos ke Piala Dunia Basket 2023. Peluang itu bisa diperjuangkan di FIBA Asia Cup 2022, atau Piala Asia Basket.

FIBA memberi jalan dobel buat Indonesia untuk bisa mencapai Piala Dunia Basket 2023. Selain lewat jalur kualifikasi biasa, Indonesia juga bisa memperebutkan tiket lolos melalui posisi di Piala Asia Basket 2022.

Setelah Indonesia gagal di kualifikasi Piala Dunia Basket, sekarang peluang tinggal ada di Piala Asia. FIBA mensyaratkan Indonesia harus masuk delapan besar Asia, untuk bisa lolos ke Piala Dunia Basket 2023.

Sekadar diketahui di Piala Asia dan Piala Dunia Basket nanti, Indonesia bertindak sebagai tuan rumah. Untuk Asia Cup Indonesia menjadi tuan rumah tunggal. Sedangkan untuk World Cup jadi salah satu tuan rumah bersama Jepang dan Filipina.

Piala Asia Basket 2022 akan dipusatkan di Istora Senayan, Jakarta. Jadwal penyelenggaraan pada 12-24 Juli mendatang.

Indonesia memilih masuk Grup A, bersama Arab Saudi, Yordania, dan Australia. Grup B diisi Cina Taipei, Cina, Korea Selatan, Bahrain.

Grup C ada Iran, Jepang, Kazakhstan, dan Suriah. Terakhir Grup D ditempati India, Libanon, Filipina, Selandia Baru.

Juara grup langsung lolos ke perempat final. Sedangkan peringkat kedua dan ketiga bermain playoffs, untuk memperebutkan tiket ke perempat final.*

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar