Timnas Basket Indonesia Optimis Kalahkan Arab Saudi 

Aksi pemain Timnas Bola basket Indonesia Marques Bolden saat uji coba di Australia melawan Brisbane Capitals, Kamis, (23/6/2022). Bolden akan menjadi unggulan Skuad Garuda di Kualifikasi FIBA World Cup 2023 saat melawan Arab Saudi. (Foto/PERBASI/Ariya Kurniawan)

KBRN, Jakarta: Pelatih Timnas Basket Indonesia Rajko Toroman, percaya diri dan optimis timnya dapat mengalahkan Arab Saudi dalam ajang FIBA World Cup 2023.

Pelatih asal Serbia itu menilai, tren positif pasca meraih medali emas SEA Games Vietnam 2021 terus dimiliki timnya. Tujuh kali kemenangan pada laga uji coba di Australia, menambah kepercayaan diri para pemainnya saat menghadapi Saudi Arabia dibabak Kualifikasi, Jumat (1/7/2022) mendatang.

"Saya pikir kami punya peluang yang besar untuk menang dengan ditambah Marques Bolden dan Brandon Jawato," ujar Toroman usai memimpin latihan di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (29/6/2022).

Toroman mengaku Bolden, Jawato, ditambah Derrick Michael diyakini bisa mengimbangi para pemain Arab Saudi yang berukuran tinggi dan besar.

"Sekarang kami tidak memusingkan masalah ukuran karena sudah punya Bolde dan Jawato ditambah Derrick Michael," tambahnya.

Sementara itu, pemain naturalisasi Marques Bolden sadar pecinta olahraga bola basket tanah air mempunyai harapan besar padanya. Pebasket kelahiran Dallas, Texas, Amerika 17 April 1998 ini mengaku, tidak sabar untuk tampil pertama kalinya di Indonesia. 

"Saya sudah menanti itu, Indonesia juga sudah menanti ini. Persiapan dan kepercayaan diri saya bagus. Saya ingin bermain cerdas dan menghindari pelanggaran," kata Bolden.

Pebasket lainnya Brando Jawato juga mengaku, dirinya siap tempur melawan Arab Saudi. Pemain berdarah Bali-Amerika Serikat ini menyebut, dirinya dalam kondisi baik.

Dukungan Bolden dan Derrick diakuinya, turut membawa pengaruh besar pada skuad Garuda.

"Pertandingan ini sangat penting buat kami. Main di Indonesia memberikan energi bagi kami. Bolden dan Derrick merubah permainan kami lebih baik," ungkap Jawato. 

Disisi lain, Derrick Michael lebih banyak mengevaluasi permainannya menjelang melawan Arab Saudi. Pebasket masa depan Indonesia ini mengaku, ingin mempersiapkan mental bertandingnya.

"Saya harus bisa mengontrol emosi terlebih lawan yang dihadapi tangguh. Jadi tantangan buat saya untuk bisa saling membantu tim. Kami harus bisa bermain secara tim, terlebih kita punya Marques Bolden," pungkasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar