Pemerintah Berkomitmen Dukung Pelaksanaan FIBA Asia

(Kanan ke kiri) Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih, Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi, Menpora RI Zainudin Amali, Ketua Panitia Penyelenggara FIBA Asia Cup 2022 Junas Miradiarsyah, dan Perwakilan Biro Operasi Polda Metro Jaya Kompol Nazar usai sesi konferensi pers terkait rapat koordinasi persiapan FIBA Asia Cup 2022 pada Senin (27/6/2022). (Foto: Niar Abdul Litiloly/RRI)

KBRN, Jakarta: Pemerintah dipastikan berkomitmen penuh memberi dukungan pada pelaksanaan Turnamen Bola Basket FIBA Asia Cup 2022 yang akan berlangsung Juli mendatang di Jakarta.

Komitmen ini ditegaskan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali saat memberikan keterangan kepada media usai memimpin rapat koordinasi lintas sektoral terkait kesiapan pelaksanaan FIBA Asia Cup 2022 di kantor Kemenpora RI, Kawasan Senayan, Jakarta Pusat pada Senin (27/6/2022).

“Sejak awal pemerintah berkomitmen besar untuk menyukseskan gelaran FIBA Asia Cup. Jika tidak komit, maka tidak keluar inpres-nya. Karena inspres itu sebagai tanda komitmen pemerintah untuk menyukseskan penyelenggaraan ini,” tegas Menpora kepada media.

Amali menyebut, rapat yang digelar hanya untuk mengupulkan setiap perwakilan di lintas sektoral terkait. Amali ingin mengetahui sejauh mana perkembangan terkini dari persiapan di masing-masing bidang.

“Tadi hanya mau cek aja, bukan bangun komitmen awal. Tadi dikumpulkan untuk pengecekan terakhir, kira-kira apa yang harus diakselerasi. Kalau komit udah dari awal begitu mau jadi tuan rumah, maka sejak itu pemerintah langsung komit,” sambung Menpora.

Mengenai akselerasi dalam persiapan penyelenggaraan, menurut Amali, yakni detail dari persiapan yang menyesuaikan dengan perkembangan situasi. Seperti akselerasi visa on arrival (VOA) bagi para peserta FIBA Asia Cup dari 15 negara yang akan datang.

“Akselerasinya tadi terkait hal-hal seperti visa on arrival dan lain-lain,” kata Amali.

Dijadwalkan FIBA Asia Cup akan berlangsung pada 12 – 24 Juli 2022. Nantinya, akan ada 16 negara peserta dan terbagi ke dalam 4 grup.

Sebelum penyelenggaraan FIBA Asia, akan ada berbagai rangakaian kegiatan menuju hari pelaksanaan. Dimulai dengan dua pertandingan pada kualifikasi FIBA World Cup 2023 Window 3 antara Timnas Basket Indonesia melawan Arab Saudi pada 1 Juli dan tiga hari berselang pada 4 Juli 2022 Tim Merah Putih akan bersua Yordania.

Meski merupakan pertandingan kualifikasi untuk FIBA World Cup 2023, namun pertandingan ini akan menjadi ajang pemanasan untuk mengukur kekuatan lawan dan menguji perkembangan Timnas Indonesia. Karena Arab Saudi dan Yordania berada satu grup bersama Indonesia dan juga Australia di Grup A pada FIBA Asia Cup nanti.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar