Perbasi Optimis Timnas Basket Tembus Piala Dunia

Ketua umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Danny Kosasih memberikan keterangan pers terkait dengan optimisme Timnas Basket Putra Indonesia lolos delapan besar FIBA Asia Cup 2022, di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (27/6/2022). (Foto/rri.co.id/Chaarly Reinhard)

KBRN, Jakarta: Ketua umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Danny Kosasih optimis Timnas Basket Putra Indonesia lolos delapan besar FIBA Asia Cup 2022, dan lolos ke FIBA World Cup 2023.

Danny menilai tim besutan duet pelatih Rajko Toroman dan Milos Pejic sedang dalam tren positif saat ini jelang laga FIBA Asia Cup 2022.

Raihan emas SEA Games Vietnam 2021 menurutnya, juga sangat berdampak pada grafik permainan Skuad Garuda. Peningkatan permainan Marques Boladen dan kolega dibuktikan dengan meraih tujuh kali kemenangan dari 10 laga yang dijalani saat pemusatan latihan di Australia.

"Saat ini Timnas siap tampil di FIBA Asia Cup 2022 selepas menjalani laga uji coba di Australia. Saya berharap dengan hasil itu bisa menjadi kekuatan kami untuk melaju ke babak putaran final FIBA World Cup 2023," ungkap Kosasih kepada RRI.co.id usai mengadakan pertemuan dengan Menpora, Zainudin Amali di Senayan, Jakarta, Senin (27/6/2022).

FIBA sendiri memberikan kesematan kepada Indonesia untuk dapat melangkah ke babak delapan besar di FIBA Asia Cup 2022 sebagai jalan untuk tembus di Piala Dunia yang akan berlangsung tahun depan. Target tersebut sejatinya seharusnya dapat dicapai dengan perjuangan keras mengingat Indonesia akan tampil dengan pemain terbaiknya.

"Hasil uji coba di Australia bisa menjadi ukuran kita untuk bersaing dan lolos babak delapan besar. Kita wajib masuk delapan besar dan ini menjadi target kami," jelasnya.  

Indonesia akan tampil dengan pemain unggulannya seperti Marques Bolden dan Brandon Jawato. Bolden dan Jawato akan dipadukan dengan kekuatan lokal lainnya seperti Derrick Michael Xzavierro, Andakara Prastawa, dan Abraham Damar.

"Bolden menunjukkan perkembangan bagus. Dia baik dan masih muda. Kita berharap dia bisa memberikan pengaruh yang lebih baik lagi buat timnas," harapnya.

Di FIBA Asia Cup 2022, Indonesia tergabung di Grup A dengan Arab Saudi, Yordania serta juara bertahan Australia. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar