Bagnaia Menangi Balap MotoGP Belanda 2022

Pembalap Ducati Lenovo Team, Francesco Bagnaia mencium piala setelah berhasil merebut kemenangan dalam balapan MotoGP Belanda di Sirkuit Assen pada Minggu (26/6/2022) malam WIB. (Foto: motogp.com)

KBRN, Jakarta: Pembalap Ducati Lenovo Team, Francesco Bagnaia, berhasil merebut kemenangan dalam balapan MotoGP Belanda di Sirkuit Assen pada Minggu (26/6/2022) malam WIB.

Bagnaia menjadi yang pertama menyentuh garis finis dalam 26 lap dengan catatan waktu 40 menit 25,205 detik. Menyusul Pecco ada Marco Bezzecchi dan Maverick Vinales.

Dengan kemenangan ini, Bagnaia meraih kemenangan ketiga di MotoGP 2022. Sebelumnya, dia menjadi juara di MotoGP Spanyol dan MotoGP Italia. Dia kini mengumpulkan 106 angka. Quartararo masih ada di posisi pertama Klasemen MotoGP 2022 dengan raihan 172 poin.

Melengkap posisi lima pebalap teratas ada Aleix Espargaro dan Brad Binder. Jack Miller ada di posisi keenam saat finis. Berturut-turut menempati posisi 10 besar ada Jorge Martin, Joan Mir, Miguel Oliveira, dan Alex Rins.

Pole-sitter Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) langsung memimpin setelah Tikungan 1. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) menguntitnya di posisi kedua. Namun, Aleix Espargaro (Aprilia Racing) yang start dari grid kelima berhasil melibasnya.

Posisi lima besar usai lap 1 diisi oleh Bagnaia, Espargaro, Quartararo, Jorge Martin (Prima Pramac Racing), dan Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing). Di lap 2, Bezzecchi berhasil melewati Martin untuk P4.

Satu lap berselang, Jack Miller (Ducati Lenovo) menjalani long lap penalty atas kesalahannya menghalangi Maverick Vinales (Aprilia Racing) saat berusaha mencatat waktu lap terbaik di kualifikasi.

Insiden kemudian terjadi pada lap 5. Di Tikungan 5, Quartararo yang berusaha mengambil P2 milik Espargaro dari sisi dalam, kehilangan kontrol Yamaha YZR-M1 sehingga terjatuh dan menyenggol pembalap Spanyol tersebut.

Baik El Diablo maupun Espargaro masih mampu melanjutkan lomba. Tetapi, sang juara dunia dan pemimpin klasemen itu tercecer di posisi paling belakang sementara Alex Espargaro perlahan merengsek ke P13.

Pada lap 8, Darryn Binder (WithU Yamaha RNF MotoGP) terjatuh dan tak mampu melanjutkan lomba. Pada saat yang sama, Quartararo masuk ke pit untuk memperbaiki posisi setang kirinya yang tampaknya bermasalah setelah terjatuh.

Espargaro naik ke P12 pada lap 11 sementara Bagnaia yang memakai ban depan-belakang soft-hard terus melesat diikuti Bezzecchi dan Martin di posisi kedua dan ketiga.

Nasib Quartararo memang benar-benar sial di MotoGP Belanda kali ini. Pada lap 13, ia kembali terjatuh lagi-lagi di Tikungan 5.

Jika pada insiden pertama ia mengalami lowside, maka di kecelakaan kedua ia kehilangan grip ban belakang hard sehingga terpelanting (highside). Kendati masih bisa berjalan, pembalap Prancis itu terlihat kesakitan.

Bagi Quartararo, inilah kali pertama ia mengalami kecelakaan dari 11 balapan yang sudah digelar. Ini pula kali pertama El Diablo tidak mampu merebut poin di sebuah balapan.

Di lap 16, Espargaro naik ke P11 dan satu lap kemudian ke P10. Espargaro kemudian melibas Zarco dan Joan Mir (Suzuki Ecstar) sekaligus pada lap 16 untuk berada di P8.

Pada lap 17, White Flag muncul karena hujan mulai turun rintik-rintik di Assen. Seluruh tim pun mempersiapkan skenario flag-to-flag. Di saat yang sama, Vinales berhasil merangsek ke P3 diikuti Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing).

Espargaro yang memakai ban medium-hard terus menggila dengan naik ke P7 pada lap 19. Dua lap kemudian, Miller berhasil melibas Binder untuk P4. Sampai lap 21 itu, tidak ada pembalap yang mengganti motor dengan set-up basah.   

Hingga lima lap menjelang finis, posisi tiga besar masih ditempati Bagnaia, Bezzecchi, dan Vinales. Namun, Miller mulai mendekati Vinales untuk P3. Di lap terakhir, Espargaro secara fantastis berhasil melibas Binder dan Miller sekaligus untuk finis P4.

Namun, posisi podium tidak terusik sampai lomba berdurasi 26 lap tersebut berakhir. Bagi Francesco Bagnaia, ini kemenangan ketiga musim ini (setelah Spanyol dan Italia) atau yang ketujuh sepanjang kariernya di MotoGP sejak debut pada 2019.

Ini juga podium utama pertama Bagnaia di Assen di kelas premier. Sebelumnya, ia juga pernah memenangi GP Belanda pada 2016 (Moto3) dan  2018 (Moto2).

Bagi Ducati, ini kemenangan pertama mereka di kelas MotoGP di Assen sejak Casey Stoner melakukannya pada 2008. Menariknya, seperti Bagnaia, saat itu Stoner juga terlebih dulu merebut pole MotoGP Belanda.

Hasil finis P2 juga menjadi podium pertama bagi Marco Bezzecchi di kelas MotoGP mengingat 2022 ini musim perdananya di MotoGP.

Torehan di GP Belanda juga sangat berkesan bagi Maverick Vinales karena ini finis podium pertamanya dalam setahun. Menariknya, podium terakhir Vinales direbutnya saat finis P2 di MotoGP Belanda 2021, ketika masih membela tim pabrikan Yamaha. 

Selain Binder dan Quartararo, Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha MotoGP) dan Raul Fernandez (Tech3 KTM Factory Racing) juga tidak mampu finis (DNF) MotoGP Belanda.  

Setelah GP Belanda, para pembalap MotoGP akan menikmati libur musim panas sebulan lebih dan baru akan kembali turun di Sirkuit Silverstone, Inggris, 5-7 Agustus mendatang.

Berikut hasil balapan MotoGP Belanda 2022:

1 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP22)

2 Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP21)*

3 Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP)

4 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP)

5 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)

6 Jack Miller AUS Ducati Lenovo (GP22)

7 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP22)

8 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)

9 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16)

10 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)

11 Enea Bastianini ITA Gresini Ducati (GP21)

12 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)

13 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP22)

14 Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP21)*

15 Alex Marquez SPA LCR Honda (RC213V)

16 Andrea Dovizioso ITA WithU RNF Yamaha (YZR-M1)

17 Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)

18 Stefan Bradl GER Repsol Honda (RC213V)

19 Remy Gardner AUS KTM Tech3 (RC16)*

20 Lorenzo Savadori ITA Aprilia Factory (RS-GP)

Raul Fernandez SPA KTM Tech3 (RC16)*

Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)

Darryn Binder RSA WithU RNF Yamaha (YZR-M1)*

Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar