Bamsoet Minta Sirkuit Samota Tetap Digunakan

Gelaran MXGP di Rocket Motor Circuot, Samota (foto Instagram MXGP).jpg

KBRN, Sumbawa: Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesetyo (Bamsoet), meminta Rocket Motor Circuit MXGP Samota-Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), tetap digunakan pasca ajang balap motocross dunia Motor Cross Grand Prix (MXGP).

Bamsoet mengungkapkan, Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) dan Infront Moto Racing, selaku pemegang hak penyelenggaraan dan komersial Kejuaraan Dunia motocross memuji sirkuit yang dibangun di tepi laut Teluk Saleh ini, merupakan sirkuit terindah dan terbaik di seluruh dunia.

"IMI NTB, saya tantang untuk membuat acara di sini maksimal sekali dalan sebulan," kata Bamsoet, Minggu (26/6/2022).

Menurut Bamsoet, turisme olahraga saat ini sudah terbukti mampu menggerakkan ekonomi Indonesia.

Hal itu dibuktikan dengan gelaran MotoGP di Mandalika dan MXGP di Samota, diana banyak UMK di NTB dapat bergerak dengan pesat.

Hal ini, kata Bamsoet, selaras dengan visi dan misi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemen Parekraf) dalam menjadikan pariwisata sebagai salah satu daya ungkit kembangkitan ekonomi masyarakat Indonesia.

"Sport Tourism, baik di Mandalika maupun di Samota, harus bisa menjadi salah satu daya ungkit ekonomi masyarakat NTB," tambahnya.

Sementara itu, Menteri Parekraf Sandiago Salahudin Uno memastikan, event di Samota akan masuk dalam kalender event nasional. Jika dilihat dari kesan FIM dan Infront, kata Sandi, event MXGP Indonesia akan terus berlanjut.

"Semuanya untuk kebangkitan ekonomi kita," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar