Israel Lolos Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia

Skuad Timnas Israel U-19 merayakan kelolosan ke Piala Dunia U-20 2023 meski kalah 0-1 dari Timnas Inggris U-19 pada laga terakhir Grup B Piala Eropa U-19 2022 yang digelar di Stadion Mestsky, Ziar Nad Hronom, Minggu (26/6/2022) dini hari WIB. (Foto: Twitter @U19EURO)

KBRN, Jakarta: Timnas Israel U-19 tetap lolos Piala Dunia U-20 2023 meski kalah 0-1 dari Timnas Inggris U-19 pada laga terakhir Grup B Piala Eropa U-19 2022. Laga digelar di Stadion Mestsky, Ziar Nad Hronom, Minggu (26/6/2022) dini hari WIB.

Gol tunggal kemenangan Inggris dicetak oleh Liam Delap di menit ke-6. Israel mencoba membalas, namun tidak ada gol balasan hingga laga usai.

Meski kalah dari Inggris, Israel tetap lolos ke Piala Dunia U-20 2023 yang akan disegelenggarakan di Indonesia. Mereka tetap lolos, karena pada pertandingan sebelumnya, pesaing terdekat mereka, yakni Serbia kalah 2-3 dari Austria.

Israel mampu menempati posisi runerup grup B Piala Eropa U-19 2022 dengan koleksi 4 poin dari 3 pertandingan. Sementara Inggris menjadi juara grup dengan poin sempurna, 9 poin dari 3 pertandingan.

Pada babak semifinal Piala Eropa U-19 2022 nanti, Inggris yang berstatus juara grup B akan berhadapan dengan Italia yang berstatus sebagai runerup grup A. Sedangkan Israel akan bentrok dengan juara grup A, yakni Prancis.

Pertandingan antara Inggris dan Israel berjalan cukup sengit. Tampil dengan skuad terbaiknya, The Three Lions langsung tampil menyerang saat peluit dibunyikan. Mereka membongkar lini pertahanan Israel yang sedikit kaget meladeni permainan cepat Inggris.

Saat laga baru berjalan enam menit, Alfie Devine dengan cerdik mengirimkan umpan terobosan kepada Delap. Pemain muda Manchester City itu dengan mudah menceploskan bola ke gawang Tomer Tzarfati.

Usai unggul, Inggris semakin termotivasi untuk menambah pundi-pundi gol. Namun Israel pun tak gampang menyerah. 

Memanfaatkan serangan balik, kesempatan terbuka dimiliki Israel di menit ke-31 lewat Ariel Lugasi. Meski dalam posisi terbuka, sepakan Lugasi masih melenceng jauh di sisi gawang Inggris. 

Skuad muda The Three Lions pun berinisiatif untuk membalasnya tiga menit kemudian oleh aksi Samuel Iling-Junior. Sayang sepakannya masih melebar dari gawang Tzarfati. 

Hingga paruh pertama berakhir, kedua tim harus puas bermain dengan kedudukan 1-0 untuk keunggulan Inggris.

Memasuki babak kedua Delap dkk masih tak mengendurkan serangan. Terbukti mereka menguasai 67 persen penguasaan bola berbanding 33 milik Israel.

Tensi kian panas usai Ilay Madmon mengganjar pemain Inggris. Kartu kuning diberikan oleh wasit pada menit ke-50. Tak lama berselang giliran dua pemain Inggris yang mendapatkan kartu kuning yakni Iling-Junior (57') dan Brooke Norton-Cuffy (64').

Israel lantas mendapatkan peluang lewat tendangan bebas di menit ke-72. Namun upaya itu digagalkan oleh kiper Inggris, Teddy Sharman-Lowe.

Delap sejatinya dapat mencetak brace di laga itu. Tapi golnya di menit ke-75 harus dianulir wasit karena sang pemain sudah lebih dulu terjebak offside.

Hingga 15 menit pertandingan tersisa, Inggris terus menggempur pertahanan Israel. Namun solidnya lini pertahanan Israel gagal membuat mereka menang besar di laga ini. Skor 1-0 pun bertahan hingga bubaran.

Meski kalah dari Inggris, Israel tetap lolos ke Piala Dunia U-20 2023. Hasil itu mereka raih usai Serbia kalah 2-3 dari Austria. Nantinya Inggris akan berhadapan dengan Italia sedangkan Israel akan bentrok dengan Prancis.

Sementara satu tiket playoff Piala Dunia U-20 2023 akan diperebutkan dua tim yang menempati posisi ketiga di masing-masing klasemen yakni Austria dan Slovakia.

Susunan Pemain:

Timnas Israel U-19 (4-2-3-1): T. Tzarfati; I. Tomer, S. Lemkin, S. Edri, R. Revivo; I. Madmon, E. Y. Kancepolsky; T. Abed, O. Gloch, A. Lugasi; D.D. Turgeman.

Pelatih: Ofir Haim

Timnas Inggris U-19 (3-4-4): T. Sharman-Lowe; B. Humphreys, R. Edwards, J.A. Quansah; L. Chambers, C. Chukwuemeka, A. Scott, D.O.A. Oyegoke; A. Devine, L.Delap, Iling-Junior.

Pelatih: Ian Foster.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar