Iwan Bule Dukung STY Targetkan Juara AFF U-19

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (tengah, baju merah) saat memberikan arahan dan motivasi kepada para pemain Timnas U-19 usai sesi latihan di Stadiona Madya, Senayan, Jakarta pada Kamis Kamis (23/6/2022). (Foto: RRI/ Niar Abdul Litiloly)
Mochamad Iriawan alias Iwan Bule saat memberikan keterangan kepada media usai meninjau kesiapan Timnas U-19 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta pada Kamis (24/6/2022). (Foto: RRI/ Niar Abdul Litiloly)

KBRN, Jakarta : Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memastikan Indonesia menargetkan gelar juara Piala AFF U-19  pada Juli mendatang di Jakarta. Hal itu untuk mempertegas pernyataan Pelatih Kepala Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY).

Mochamad Iriawan yang akrab dipanggil Iwan Bule memberi pernyataan itu dalam keterangannya kepada media saat mengunjungi latihan Timnas U-19 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Kamis (23/6/2022) sore

“Perlu saya sampaikan ada beberapa pertandingan yang berada di negara kita, itu ada Piala AFF U-19 bertempat di sini (stadion Madya) dan Patriot (Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat) kemudian Piala AFF U-16 juga sama, dan AFF Women (putri) U-18 di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang,” ujar Iriawan.

“Semua sedang berlatih, kita doakan. Target untuk U-16 dan U-19 juara. Kalau target women hanya semifinal, mudah – mudahan bisa melewati itu,” sambung pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Sebelumnya, pelatih kepala Timnas Indonesia Shin Tae-yong telah menyampaikan hal serupa. Melalui berbagai persiapan yang dilakukan, Shin menilai anak suhnya memiliki peluang juara. Terlebih denganh posisi Indonesia sebagai tuan rumah turamen.

“Dalam persiapan sangat baik, jadi target kita memang juara terlebih karena kita tuan rumah,” kata Shin

Pada sesi-sesi awal pemusatan latihan atau training camp (TC), Shin tengah fokus membenahi fisik para pemain. Dimana ia menilai, setelah kepulangan Skuad Garuda Nusantara dari Turnamen Maurice Revello atau yang lebih dikenal dengan nama Turnamen Piala Toulon 2022, anak asuhnya mengalami penurunan kondisi fisik.

“Setelah dari Toulon Cup, para pemain fisiknya memang agak tidak baik. Jadi fokus untuk meningkatkan fisik para pemain, sekaligus fokus ke ball touch (sentuhan bola) mereka,” tututr mantan pelatih timnas Korea Selatan ini.

Guna mendapatkan kondisi fisik yang sesuai dengan target Shin Tae-yong, dalam beberapa hari kedepan fokus latihan akan berubah secara bertahap. Mulai dari peningkatan fisik dasar, weight training (latihan angkat beban), hingga pada latihan conditioning untuk mempersiapkan pemain memasuki masa pertandingan.

“Untuk minggu ini fokusnya pada peningkatan fisik dasar dan weight training. Mulai dari pekan depan fokusnya conditioning biar bisa fokus ke pertandingan,” terang pelatih berusia 52 tahun tersebut.

Shin sendiri dalam perhelatan Piala AFF U-19 tahun ini, telah memanggil 30 pemain untuk bergabung dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia. Namun saat turnamen nanti, hanya ada 23 pemain yang akan dilibatkan dengan tambahan 3 calon pemain naturalisasi.

“Ada 23 pemain yang akan dibawa,” ungkap Shin kepada media.

Piala AFF U-19 dijadwalkan berlangsung pada 2 – 15 Juli 2022 di Jakarta. Indonesia sendiri tergabung di Grup A bersama Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam, Filipina dan Myanmar. Lokasi pertandingan Piala AFF U-19 akan berlangsung di dua lokasi. Diantaranya Stadion Madya, Senayan dan Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar