FIFA Tambah Jumlah Pemain untuk Piala Dunia 2022

Presiden FIFA, Gianni Infantino. (Foto: fifa.com)

KBRN, Jakarta: Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) telah memutuskan untuk menambah jumlah pemain dalam skuat Tim Nasional yang berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar sebagai akibat dari pandemi Covid-19 dan waktu turnamen yang tidak biasa.

Melalui laman resminya, Jumat (24/6/2022) FIFA mengumumkan bahwa mereka telah memberikan izin untuk peserta Piala Dunia 2022 menambah jumlah pemain dalam skuad mereka untuk turnamen di Qatar. 

Tim nasional akan diizinkan memasukkan maksimal 26 pemain ke dalam skuat terakhir mereka untuk Piala Dunia tahun ini.

"Mengingat kebutuhan untuk mempertahankan fleksibilitas peserta, karena waktu yang tidak biasa dari Piala Dunia FIFA 2022 dalam kalender global, serta konteks yang lebih luas dari efek yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 pada skuad sebelumnya, selama turnamen, FIFA telah memutuskan sebagai berikut:

"Jumlah maksimum pemain dalam daftar rilis telah ditingkatkan dari 35 menjadi 55.

"Jumlah pemain yang akan dimasukkan dalam daftar final telah ditingkatkan menjadi setidaknya 23 dan maksimal 26.

"Pertandingan terakhir di level klub untuk 23 hingga 26 pemain yang dinominasikan dalam daftar final adalah 13 November 2022.

"Tidak lebih dari 26 orang (hingga 15 pemain pengganti dan 11 ofisial tim - salah satu ofisial ini harus dokter tim) akan diizinkan duduk di bangku cadangan tim," bunyi pernyataan FIFA dikutip dari laman resmi mereka.

Sebelumnya, pelatih hanya diperbolehkan membawa 23 pemain dalam skuad Tim Nasional untuk setiap turnamen.

Namun, FIFA menjelaskan bahwa keputusan untuk mengubah jumlah skuad dalam ajang Piala Dunia 2022 nanti dibuat karena waktu kompetisi yang tidak biasa, yang akan dimulai pada 21 November 2022. Pandemi Covid-19 juga berperan dalam keputusan untuk memperluas tim.

Turnamen sepakbola terakbar dunia itu akan diselenggarakan di Qatar yang dimulai pada 21 November dan berlangsung hingga 18 Desember 2022 mendatang.

Senegal dan Belanda akan memulai turnamen, dengan pertandingan pertama Grup A akan dimainkan pada pukul 13:00 waktu setempat pada 21 November 2022.

Tim dari Grup B, yakni Inggris dan Iran kemudian akan saling berhadapan pada pukul 16:00 waktu setempat, disusul pertandingan antara Qatar dan Ekuador di Grup A.

Sementara itu, acara seremoni pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar akan dilakukan dalam pertandingan antara Amerika Serikat dan Wales pada pukul 22:00 di hari yang sama.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar