Indonesia Dipastikan Siap Gelar FIBA Asia 2022

Menpora RI Zainudin Amali (tengah, kemeja putih) didampingi Deputi IV Kemenpora Chandra Bhakti (kiri, kemeja ungu) menggelar Audiensi bersama Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih (kanan, kemeja putih), Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi (hijab abu-abu) dan Ketua Panitia Penyelenggara FIBA Asia Cup 2022 Junas Miradiarsyah (kemeja cokelat) di kantor Menpora lantai 10 Graha Pemuda kantor Kemenpora RI pada Kamis (23/6/2022). (Foto: Div. Humas Kemenpora)

KBRN, Jakarta: Indonesia diapstikan siap menggelar Turnamen Bola Basket se-Asia FIBA Asia Cup 2022. Kepastian ini didapatkan usai Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menerima audiensi Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) di kantornya, Jakarta, Kamis (23/6/2022).

“18 hari lagi kita akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan FIBA Asia, tetapi sebelum menuju ke 18 hari itu ada rangkaian kegiatan yang akan dilakukan oleh Perbasi dan panitia. Dari informasi dan laporan yang disampaikan oleh Perbasi maupun oleh panitia, kita sudah siap (menjadi penyelenggara),” ujar Menpora Amali dalam keterangannya kepada media.

Kepada Perbasi dan panitia penyelenggara, Menpora juga berpesan, dalam mempersiapkan segala kebutuhan turnamen agar dilakukan dengan baik guna mencapai tujuan sukses yang diinginkan. Yaitu sukses sebagai penyelenggara, sukses prestasi dan sukses administrasi.

“Tentu kesiapan kita seperti yang saya sampaikan yang nanti akan berujung pada kesuksesan. Sukses yang pertama adalah sukses penyelenggaraan, sukses yang kedua adalah sukses prestasi Timnas kita, artinya dia harus lolos ke FIBA World Cup, dan ketiga yang selalu saya tekankan sukses dari sisi keadministrasian. Kita tidak ingin yang nomor satu dan dua sukses, tapi secara administrasi kita tidak sukses,” pinta Menpora.

Kesiapan Indonesia menggelar FIBA Asia Cup 2022 juga disampaikan Ketua Panitia penyelenggara FIBA Asia Junas Miradiarsyah, usai mengikuti audiensi bersama Menpora.

“Jadi kesempatan kita menjadi tuan rumah FIBA Asia tahun ini seperti tadi kata pak Menteri tinggal 18 hari lagi, penyelenggaraan FIBA Asia Cup di Istora (Senayan). Tadi kami laporkan kepada Pak Menteri dari aspek penyelenggaraan sudah sangat siap,” tutur Junas.

Junas menyatakan, untuk infrastruktur sudah dipastikan siap karena nantinya akan menggunakan Istora Senayan, fasilitas yang sudah siap. Tinggal dilengkapi dengan layout dan dekorasi seperti saat penyelenggaraan Asian Games 2018 lalu.

“Dari aspek penyelenggaraan sendiri untuk infrastruktur tidak ada masalah karena penyelenggaraan sendiri menggunakan Istora atau fasilitas yang sudah pernah digunakan pada saat Asian Games 2018. Tinggal menambah unsur layout dan dekorasi. Kemudian dari aspek kesiapan lainnnyajuga sudah sangat siap,” lanjut Junas.

Junas menambahkan, melanjutkan semangat dari keberhasilan Timnas Basket Indonesia di Sea Games Vietnam lalu ia berharap momentum baik yang terjadi akan terus berlanjut selama penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2022.

“Kita tahun momentum basket dari Sea Games kemarin luar biasa dan perlu terus kita tingkatkan. Perlu terus ditingkatkan bukan hanya dipertahankan Prestasi dan juga penyelenggaraan. Jadi itu yang ingin kita yakinkan bahwa momentum itu ingin kita pertahankan dari segala aspek sampai tahun berikutnya di penyelenggaraan FIBA World Cup (2023),” ungkap Junas.

Dijadwalkan FIBA Asia Cup 2022 akan dihelat mulai 12 hingga 24 Juli 2022. Indonesia sebagai tuan rumah tergabung di Grup A bersama Arab Saudi, Yordania dan Australia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar