Antisipasi Keterlambatan Logistik, Jadwal MotoGP Jepang Diubah

Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang. (Foto: motogp.com)

KBRN, Jakarta: Dalam upaya mencegah keterlambatan logistik, FIM bersama Dorna Sports dan IRTA meniadakan sesi latihan bebas Jumat untuk kejuaraan dunia Grand Prix Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, 16-18 September 2022 mendatang.

Seperti diketahui, keterlambatan logistik sebelumnya pernah terjadi pada MotoGP 2022. Peristiwa itu terjadi dalam pengiriman logistik dari Indonesia menuju Argentina awal April lalu.

Akibatnya, penyelenggara terpaksa mengubah jadwal MotoGP Argentina dengan memadatkan jadwal Free Practice 1 dan Free Practice 2 menjadi hari Sabtu, dilanjutkan kualifikasi untuk semua kategori.

Tak ingin kembali dihadapkan problem serupa, apalagi seri Jepang digelar tepat sepekan usai putaran Aragon, baik FIM maupun Dorna Sports serta IRTA, sepakat mengubah jadwal perlombaan.

“FIM, IRTA dan Dorna Sports wajib mengumumkan perubahan jadwal hari Jumat di Grand Prix Jepang,” bunyi pernyataan Dorna Sports dikutip dari laman resmi MotoGP, Kamis (24/6/2022).

“Karena tantangan logistik yang ditimbulkan oleh Grand Prix yang diadakan secara berurutan dengan Grand Prix Aragon, serta potensi penundaan yang disebabkan oleh konflik yang sedang berlangsung di Ukraina dan pengaruhnya terhadap wilayah udara, telah diputuskan untuk tidak menjalankan sesi latihan kelas MotoGP, Moto2 dan Moto3 pada Jumat pagi."

“Sebaliknya, FP1 Moto3 akan dimulai pukul 13.15 waktu setempat, Moto2 pukual 14.10 dan MotoGP pukul 15.05. Sesi FP1 MotoGP diperpanjang dari 45 menjadi 75 menit. Perpanjangan waktu hanya untuk kelas premier."

“Hasil gabungan untuk masuk ke Q1 dan Q2 akan diambil dari FP1 dan FP2 untuk semua kelas Grand Prix.”

Perihal kekosongan jadwal pada Jumat, penyelenggara menggantikannya dengan sesi jumpa fans. Ini tentu merupakan momen yang takkan dilewatkan para penggemar untuk bertemu barisan rider MotoGP.

Selain itu, akan diselenggarakan pula track action di Mobility Resort Motegi mulai pukul 09.00 pagi waktu setempat pada Jumat, berbarengan putaran ketiga Asia Talent Cup (ATC) Jepang di Twin Ring Motegi.

“Setelah tiga tahun berlalu, FIM Kejuaraan Dunia FMotoGP menantikan untuk kembali balapan di Jepang, di kandang sendiri untuk beberapa pabrikan MotoGP dan di depan salah satu penonton yang paling bersemangat serta berdedikasi dalam kalender kami,” lanjut pernyataan.

Pada balapan terakhir MotoGP di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang, Marc Marquez keluar sebagai pemenang balapan setelah menaklukkan Fabio Quartararo, saat itu masih memperkuat Petronas SRT, serta Andrea Dovizioso yang membela Ducati.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar