Shin Tae-yong Targetkan Juara Piala AFF U-19

Pelatih Kepala Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat memberikan arahan bagi para Penggawa Garuda di lapangan Bai Bang, Phu Tho Vietnam pada Rabu 11 Mei 2022 (Dok. PSSI)

KBRN, Jakarta: Jelang pelaksanaan Piala AFF U-19 yang akan berlangsung di Jakarta, Pelatih Kepala Tim Nasional (Timnas) Indonesia Shin Tae-yong telah menetapkan target raihan bagi Timnas Indonesia U-19. Tak tanggung-tanggung, pelatih asal Korea Selatan itu memasang target juara pada keikutsertaan Indonesia kali ini.

Bukan tanpa alasan, dengan berbagai persiapan yang dilakukan Shin menilai anak asuhnya memiliki peluang juara. Terlebih denganh posisi Indonesia sebagai tuan rumah turnamen.

“Dalam persiapan sangat baik, jadi target kita memang juara terlebih karena kita tuan rumah,” kata Shin dalam keteragan tertulisnya, Selasa (21/6/2022).

Untuk itu pada sesi-sesi awal pemusatan latihan atau training camp (TC), Shin tengah fokus membenahi fisik para pemain.

Ia menilai, setelah kepulangan Skuad Garuda Nusantara dari Turnamen Maurice Revello atau yang lebih dikenal dengan nama Turnamen Piala Toulon 2022, anak asuhnya mengalami penurunan kondisi fisik.

“Setelah dari Toulon Cup, para pemain fisiknya memang agak tidak baik. Jadi fokus untuk meningkatkan fisik para pemain, sekaligus fokus ke ball touch (sentuhan bola) mereka,” ujar Shin.

Untuk mendapatkan kondisi fisik yang sesuai dengan target Shin Tae-yong, dalam beberapa hari kedepan, fokus latihan akan berubah secara bertahap. Mulai dari peningkatan fisik dasar, weight training (latihan angkat beban), hingga pada latihan conditioning untuk mempersiapkan pemain memasuki masa pertandingan.

“Untuk minggu ini fokusnya pada peningkatan fisik dasar dan weight training. Mulai dari pekan depan fokusnya conditioning biar bisa fokus ke pertandingan,” terang pelatih berusia 52 tahun tersebut.

Shin sendiri dalam perhelatan Piala AFF U-19 tahun ini, telah memanggil 30 pemain untuk bergabung dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia. Namun saat turnamen nanti, hanya ada 23 pemain yang akan dilibatkan.

“Ada 23 pemain yang akan dibawa,” ungkap Shin.

Pada Piala AFF U-19 dijadwalkan berlangsung pada 2 – 15 Juli 2022 di Jakarta. Indonesia sendiri tergabung di Grup A bersama Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam, Filipina dan Myanmar.

Lokasi pertandingan Piala AFF U-19 akan berlangsung di dua lokasi. Diantaranya Stadion Madya, Senayan dan Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar