STY Benahi Fisik Pemain U19 Jelang Piala AFF

Pelatih Kepala Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) dalam sesi wawancara bersama media usai kepulangan dari Piala AFF 2020 Januari 2022 lalu di Senayan. Ia tengah membenahi fisik pemain timnas yunior jelang Piala AFF U-19 (Dokumentasi: RRI/ Niar Abdul Litiloly)

KBRN, Jakarta: Pelatih Kepala Tim Nasional (Timnas) Indonesia Shin Tae-yong tengah fokus membenahi fisik para penggawa Garuda. Mereka akan tampil di ajang Piala AFF U-19 yang akan berlangsung pada 2 – 15 Juli 2022 di Jakarta.

Usai sesi latihan bersama tim yang berlangsung di Stadion Madya Senayan, Jakarta, STY menyebut pemusatan latihan atau training camp (TC) Timnas U-19 baru berlangsung sejak awal pekan ini. Sejak kepulangan para pemain dari Turnamen Maurice Revello atau yang lebih dikenal dengan nama Turnamen Piala Toulon, ia menilai anak asuhnya mengalami penurunan kondisi fisik.

“TC baru mulai kemarin (20/6/2022), latihan sore kemarin (hari pertama) masih fokus ke gym sampai tadi pagi juga. Setelah dari Toulon Cup, para pemain fisiknya memang agak tidak baik. Jadi fokus untuk meningkatkan fisik para pemain, sekaligus fokus ke ball touch (sentuhan bola) mereka,” ujar STY usai memimpin sesi latihan Timnas U-19 di Stadion Madya, Senayan, Selasa (21/6/2022).

Lebih lanjut STY mengatakan, dalam beberapa waktu kedepan, fokus latihan akan berubah secara bertahap. Mulai dari peningkata fisik dasar, weight training (latihan angkat beban), hingga pada latihan conditioning untuk persiapan memasuki masa pertandingan.

“Untuk minggu ini fokusnya pada peningkatan fisik dasar dan weight training. Mulai dari pekan depan fokusnya conditioning biar bisa fokus ke pertandingan,” terang pelatih berusia 52 tahun tersebut.

Setelah mengikuti Turnamen Piala Toulon di Prancis, STY mengaku belum dapat memberi penilain penuh mengenai perkembanga anak asuhnya. Dimana saat beralga di Piala Toulon, Skuad Garuda Nusantara harus melawan para pemain dari kategori usia lebih di atas mereka yaitu para pemain Meksiko, Veezuela dan Ghana U-21 dan U-23.

“Saya tidak ikut ke Perancis jadi tidak pernah melihat langsung performa pertandingan para pemain U-19 bagaimana. Tapi hanya menonton saja melalui video. Jadi saya tidak bisa menilai 100 persen bagaimana performa para pemain. Waktu itu pun memang lawan Indonesia itu U-21 dan U-23, sedangkan kalau kita U-19 semua,” aku Shin.

Meski hanya melihat penampilan anak asuhnya melalui rekaman video, namun ia meyakini terdapat perubahan yang terjadi tim muda ini.

“Kalau melihat performa dan perubahan para pemain itu sangat baik walaupun melalui video saja. Jadi saya sangat percaya untuk kedepannya pasti akan menjadi lebih baik,” sambung Shin.

Pada Piala AFF U-19, Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam, Filipina dan Myanmar. Lokasi pertandingan Piala AFF U-19 akan berlangsung di Stadion Madya, Senayan serta Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat.

Sebelumnya PSSI memutuskan STY tetap menangani tiga timnas yakni Timnas U-19, U-23 dan timnas Senior.  Dan ia baru saja sukses mengantar timnas U-23 lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar