Hanoi GM-IM Tournament, Pecatur Indonesia Berpeluang Runner Up

foto aditya bagus arfan vs nguyen phuoc tam

KBRN, Jakarta:  Pecatur muda Indonesia FM Aditya Bagus Arfan (2319) yang sempat memimpin hingga babak 6, harus bergeser ke urutan dua hingga menyelesaikan babak 7 dan 8 Kejuaraan Catur Internasional Hanoi GM-IM Tournament yang berlangsung di Gedung Hanoi Old Quarter Cultural Exchange Center, Hanoi Vietnam.

Bermain pada katagori IM, Aditya Bagus Arfan yang kini berusia 16 tahun sementara mengumpulkan 6 poin berada di urutan kedua setelah di babak 7 unggul atas pecatur Filipina FM Roel Abelgas (2220) dan babak 8 harus puas bermain remis ketika jumpa pecatur tuan rumah Vietnam Nguyen Phuoc Tam (2190), Sabtu (28/5/2022).

Posisi Adit digeser pecatur Filipina lainnya IM Michael Concio Jr (2211)  terpaut 0,5 point. Concio menambah dua point setelah babak 7 menang atas  Saurabh Anand (India) dan mengalahkan Pham Xuan Dat (Vietnam) dibabak 8.

Pada partai akhir babak 9, besok Minggu (29/5/2022), Adit akan berhadapan dengan Michael Concio. “Jumpa Concio, Adit harus bisa meraih kemenangan guna mengejar target raihan norma Master Internasional (IM) pertamanya sekaligus gelar juara untuk katagorinya. “ ungkap Manajer Catur Indonesia Kristianus Liem.

Pecatur Indonesia lainnya, IM Azarya Jodi Setyaki  (24) yang tampil pada katagori GM, tetap bertahan di peringkat kedua setelah menang atas FM Dang Hoang Son (2361)  dan kalah saat bertemu  IM Tran Minh Thang (2334) keduanya dari Vietnam.

Dengan hasil itu Jodi (2394) mengumpulkan 5 poin sama seperti pecatur tuan rumah lainnya  GM Tran Tuan Minh (2533).   Pimpinan klasemen sementara IM Tin Jingyao (2499) dari Singapura yang mengumpulkan 7 point sudah pasti tidak terkejar lagi untuk raihan gelar juara termasuk juga  memenuhi syarat Norma GM ketiganya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar