Timnas Indonesia Targetkan Kemenangan Atas Bangladesh

Para pemain Timnas Indonesia tengah mendengarkan arahan pelatih kepala Shin Tae-yong usai sesi latihan sore bersama pada Kamis 26 Mei 2022 di kawasan Senayan. (Foto Niar Abdul Litiloly/RRI)

KBRN, Jakarta: Tim Nasional Indonesia mengusung target kemenangan atas Bangladesh saat pertandingan uji coba persahabatan yang rencananya akan berlangsung pada Rabu (1/6/2022) di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung.

Target ini disampaikan Pelatih Kepala Timnas Indonesia Shin Tae-yong usai sesi latihan bersama seluruh pemain pada Kamis (26/5/2022) malam.

“Untuk masalah menang, pasti harus menang lawan Bangladesh,” ujar Shin kepada rri.co.id.

Pemanggilan 29 orang pemain untuk uji cob ini bagi Shin memberikan banyak pilihan untuk berbagai posisi. Termasuk perhitungannya untuk beberapa nama pemain yang tengah berada dalam proses naturalisasi.

“Memang masih ada yang belum datang untuk pemain naturalisasi, yaitu Jordi Amat dan Sandy Walsh. Ada lagi Elkan, Arhan dan di depan mungkin ada lagi Rafli, Lilipaly, Irfan Jaya,” terang Shin.

Berdasarkan jumlah pemain yang ada, bagi Shin akan menjadi kesempatan untuk mencoba formasi mana saja yang dapat ia gunakan di masa mendatang saat turun pada laga-laga penting.

“Jadi dengan pemain-pemain ini saya masih mempertimbangkan formasi mana yang harus digunakan. Jadi mungkin uji coba kali ini kami benar-benar uji formasi mana yang harus digunakan,” ungkap mantan pelatih Timnas Korea Selatan ini.

Terkait banyaknya perpaduan jumlah pemain, Shin memastikan tidak akan ada kendala. Sebab, bagi Shin pemain yang ia kumpulkan mayoritas merupakan mereka yang pernah turun di SEA Games Hanoi, Vietnam, kemarin dan Piala AFF 2020 lalu.

“Jadi saya nggak berpikir ada pemain baru sehingga untuk menyatukan itu tidak begitu sulit, karena mulai besok kami akan latihan taktik. Jadi sambil latihan itu kami akan lihat gimana permainan kami,” jelas pelatih berusia 52 tahun tersebut.

Laga kontra Bangladesh merupakan bagian dari persiapan Skuad Garuda menuju Kualifikasi Piala Asia 2023 yang digelar pada 8-14 Juni 2022 di Kuwait.

Sejauh ini Shin Tae-yong telah memanggil 29 pemain untuk laga uji coba ini, termasuk enam pemain yang merumput di luar negeri, di antaranya Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman, Egy Maulana, Pratama Arhan, Saddil Ramdani dan Elkan Baggott, lalu pemain berusia 17 tahun Marselino Ferdinan, serta sosok yang kembali lagi ke skuad Garuda setelah dua tahun absen, Stefano Lilipaly.

Berdasarkan catatan dari berbagai sumber, Indonesia sudah enam kali bersua Bangladesh. Pasukan Merah Putih mendominasi enam pertemuan itu dengan hasil empat kali menang, sekali seri dan sekali kalah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar