Mourinho Panen Rekor Usai Bawa Roma Juara

Pelatih AS Roma, Jose Mourinho mencium trofi Liga Konferensi Eropa 2021-22. (Foto: uefa.com)

KBRN, Jakarta: Pelatih kawakan, Jose Mourinho berhasil mencatatkan beberapa rekor usai membawa tim asuhannya, AS Roma juara Liga Konferensi Eropa (UEFA Conference League) 2021-2022.

AS Roma juara Liga Konferensi Eropa 2021-2022 setelah menumbangkan Feyenoord di partai final dengan skor 1-0 di Air Albania Stadium, Kamis (26/5/2022) dini hari WIB ini. Gol tunggal Roma dicetak oleh Nicolo Zaniolo di menit ke-32.

Menurut catatan dari laman OptaJoe, Kamis (26/5/2022), berkat gelar Liga Konferensi Eropa 2021-2022 ini menjadikan José Mourinho adalah manajer kedua yang memenangkan lima gelar utama Eropa setelah Giovanni Trapattoni.

OptaJoe juga mencatat bahwa pelatih asal Portugal itu sekarang telah memenangkan Liga Konferensi Eropa UEFA, Liga Champions UEFA dua kali dan juga Piala UEFA/Liga Europa dua kali.

Selain itu, José Mourinho juga menjadi manajer pertama yang memenangkan kompetisi besar Eropa dengan empat tim berbeda (FC Porto x2, Internazionale, Manchester United & Roma).

Mourinho juga menjadi manajer kelima yang memimpin sebuah klub di final tiga kompetisi besar Eropa, selain Arsène Wenger, Giovanni Trapattoni, Udo Lattek, dan Sven-Göran Eriksson.

Selain untuk dirinya sendiri, The Special One juga mampu mencatatkan sejarah bagi tim yang dipimpinya. 

Mou mampu membawa AS Roma memenangkan gelar UEFA pertama mereka dalam sejarah mereka dan kompetisi internasional pertama mereka sejak Inter-Cities Fairs Cup pada kampanye 1960/61.

AS Roma juga menjadi tim Italia pertama yang memenangkan kompetisi besar Eropa sejak Inter Inter pada 2010 yang memenangkan Liga Champion.

Menariknya, kala itu Inter Milan berhasil menjadi juara Liga Champions juga di bawah arahan José Mourinho sebagai manajer utama mereka.

Dengan torehan tersebut, Mourinho pantas dinobatkan sebagai salah satu pelatih terbaik dunia, telepas dari beberapa pencapaian minornya beberapa tahun terakhir.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar