Turnamen Pramusim Liga 1 akan Bergulir pada Juni-Juli

Direktur Operasional PT LIB Sudjarno (kiri), Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (tengah) dan Direktur Utama PT. LIB Akhmad Hadian Lukita (kiri). PSSI dan PT LIB menggelar rapat untuk membahas turnamen pramusim sebelum kompetisi sepakbola tanah air musim baru bergulir (Foto: PSSI)

KBRN, Jakarta: Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan segera menggelar turnamen pramusim sebelum kompetisi musim ini bergulir. Turnamen ini diharapkan akan diikuti semua klub Liga 1.

Pada tahap awal, klub sudah diajak untuk berdiskusi dengan PT LIB selaku operator kompetisi tentang mekanisme dan regulasi turnamen.

Musim lalu, PSSI dan PT LIB menggelar turnamen pramusim dengan titel Piala Menpora dan berlangsung di empat stadion di Pulau Jawa. Untuk pramusim tahun ini sangat mungkin juga akan berlangsung di empat kota. Namun, stadion mana yang akan dipakai belum diputuskan oleh PSSI dan PT LIB.

“Hari ini saya rapat dengan jajaran LIB untuk membahas beberapa hal. Salah satunya soal turnamen pramusim, Liga 1 dan Liga 2. Sudah ada beberapa hal yang disepakati dan ada yang belum. Kita akan terus matangkan hal ini,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam keterangan tertulis di laman resmi PSSI yang dikutip rri.co.id pada Rabu (25/5/2022).

Menurut Iriawan, untuk turnamen pramusim akan diselenggarakan mulai pertengahan Juni hingga pertengahan Juli serta menghadirkan penonton. Namun, belum diputuskan berapa persen jumlah penonton yang boleh masuk ke dalam stadion termasuk terkait vaksinasi dan booster.

“’Kita akan koordinasi dengan pemerintah, dalam hal ini Kemenpora, Kemenkes, BNPB, Satgas Covid-19, dan Kepolisian soal berapa persen penonton yang boleh masuk stadion. Kita akan ikut apa yang diputuskan oleh pemerintah,” imbuh Iriawan.

Ia menambahkan, untuk Liga 1 dan Liga 2 musim ini, ada tiga klub dari Liga 2 yang promosi ke Liga 1 dan ada 3 klub dari Liga 1 yang degradasi ke Liga 2.

“Saya kira Liga 1 dan Liga 2 musim ini akan berjalan seru dan ketat karena sudah diperbolehkan ada penonton. Agar kompetisi berjalan seru, adil, fairplay, dan enak ditonton, PSSI dan PT LIB tetap akan memakai asisten wasit tambahan (asisten wasit ke empat dan kelima) di belakang gawang,” tambah Iriawan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar