Shayne Pattynama Bakal Menjalani Tes Naturalisasi

Shayne Pattynama pesepakbola asal belanda berdarah Indonesia akan tiba di Jakarta pekan mendatang untuk memulai proses naturalisasinya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Saat ini Shayne Pattynama terdaftar sebagai pemain Viking FK di liga utama Norwegia (Foto:PSSI)

KBRN, Jakarta: Setelah Sandy Walsh dan Jordy Amat, kini satu lagi pesepakbola berdarah Indonesia akan segera menyusul untuk masuk dalam proses naturalisasi. Dia adalah Shayne Pattynama. Shayne akan mengikuti jejak Sandy dan Jordi dengan berkunjung ke Indonesia. Pemain Viking FK yang berlaga di kompetisi tertinggi Norwegia ini direncanakan mendarat di Jakarta pekan mendatang.

Sama halnya dengan agenda yang telah dilakukan oleh Jordi dan Sandy, Shayne dijadwalkan menjalani beberapa agenda terkait proses naturalisasinya di Indonesia.

Diantaranya melakukan beberapa kegiatan seperti kunjungan ke Kedutaan Besar Belanda di Indonesia, wawancancara tertutup dengan Badan Intelijen Negara (BIN) dan menjalani tes kesehatan.

“Shayne sudah konfirmasi akan datang untuk memenuhi rangkaian agenda terkait proses naturalisasinya. Atas arahan Ketua Umum, PSSI akan kembali mengawal proses ini hingga selesai. Pemerintah melalui Kemenpora dan Kemenkumham (Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusi) sangat membantu semua proses ini. Semoga semua kelengkapan dokumen yang dibutuhkan bisa terpenuhi,” ujar Sekjen PSSI Yunus Nusi dalam keterangan tertulis di laman resmi PSSI yang dikutip RRI.co.id pada Rabu (25/5/2022).

Sesuai arahan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, proses naturalisasi para pemain keturunan Indonesia kini dipercepat agar bisa segera memperkuat Timnas Indonesia. Kemenpora dan dan Kemenkumham pun banyak membantu mempermudah segala proses naturalisasi dimaksud.

Sebelumnya, rangkaian kegiatan terkait proses naturalisasi yang sama telah dijalani oleh Jordi Amat dan Sandy Walsh pada pekan lalu. Keduanya pun sudah menyelesaikan agenda dengan kooperatif dan memenuhi semua dokumen penting yang kemudian sudah diserahkan secara resmi ke Kemenkumham dengan status lengkap.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar