Erick: Kemenangan Tim Basket Momentum Naik Level

Tim Basket Indonesia usai Bertanding di SEA Games 2022. (Foto: ist)

KBRN, Jakarta: Menteri BUMN Erick Thohir mengucap terima kasih atas prestasi bersejarah yang ditorehkan tim basket putra Indonesia pada ajang SEA Games 2022. 

Tim basket putra Indonesia untuk pertama kalinya sejak keikutsertaan Indonesia pada ajang basket SEA Games sejak 1977, berhasil merebut medali emas. Bahkan, medali emas diraih dengan mengalahkan tim yang sudah lebih dari 30 tahun tak terkalahkan di Asia Tenggara, Filipina.

"Kepada seluruh individu dan institusi terima kasih untuk percaya dan dorong prestasi bola basket Indonesia," ujar Erick dalam keterangan tertulisnya.

Erick yang kini menjabat anggota Central Board FIBA  dan pernah menjadi tim manajer basket SEA Games 2001 dan ketika itu meraih medali perak menyatakan torehan tertinggi tersebut menjadi momentum bagus bagi timnas basket yang akan menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 2022, Juli mendatang.

"Ini momen kebangkitan dan saya mengapresiasi kerja keras seluruh pemain, pelatih, dan pengurus yang punya motivasi tinggi dan rasa percaya diri besar untuk terus mendorong prestasi bola basket Indonesia di level yang lebih tinggi,"  tambah pria yang juga menjadi IOC.

Sebelum mencapai prestasi medali emas ajang pesta olahraga Asia Tenggara ini, prestasi terbaik Indonesia di SEA Games yaitu empat kali meraih medali perak dan tiga medali perunggu.

Indonesia memastikan medali emas itu usai mengalahkan Filipina pada laga terakhir pertandingan dengan format round robin (semua peserta saling bertemu satu kali) di Thanh Tri Gynmasium, Ahad (22/5/2022) sore WIB. Indonesia menang 85-81 Filipina. Dengan kemenangan ini Indonesia berhasil meraih medali emas karena menempati posisi puncak babak grup, dengan torehan 12 poin. Tim Merah Putih mengungguli Filipina yang menempati posisi kedua dengan 11 poin.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar