Hajar Wolves 3-1, Liverpool Tetap Gagal Juara

Selebrasi gol pemain Liverpool, Mohamed Salah usai membobol gawang Wolves pada pertandingan matchday terakhir atau pekan ke-38 Liga Inggris 2021-2022 di Stadion Anfield, Minggu (22/5/2022) malam WIB. (Foto: liverpoolfc.com)

KBRN, Jakarta: Liverpool gagal meraih gelar juara Liga Inggris musim 2021-2022. Walaupun, mereka menang 3-1 atas Wolverhampton Wanderers, pada matchday terakhir atau pekan ke-38 Liga Inggris 2021-2022 di Stadion Anfield, Minggu (22/5/2022) malam WIB.

Liverpool sejatinya tertinggal terlebih dahulu di awal laga karena gol Pedro Neto. Namun, Sadio Mane berhasil menyamakan skor di babak pertama. Di lima menit terakhir laga, Liverpool berbalik memimpin 3-1 lewat gol-gol Mohamed Salah dan Andy Robertson.

Meski meraih poin penuh, Liverpool harus puas finis runner-up dengan 92 poin, kalah satu poin dari Manchester City.

Sebab, Man City mengantongi 93 poin setelah pada waktu yang bersamaan berhasil mengalahkan Aston Villa 3-2.

Kedua tim langsung bermain menyerang sejak dimulainya pertandingan. Liverpool justru harus kecolongan lebih dulu dari Wolves di menit dua lewat gol yang dicetak Pedro Neto setelah menerima umpan matang yang diberikan Raul Jimenez.

Tertinggal 0-1, The Reds –julukan Liverpool- meresponnya sangat baik dengan mendominasi permainan.

Tim besutan Jurgen Klopp itu terus menggempur pertahanan Wolves guna menyamakan kedudukan. Namun tetapi, mereka hampir saja kecolongan di menit ke-17. Untungnya, sontekan Dendoncker masih melenceng tipis.

Hingga akhirnya, The Reds berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit ke-24. Adalah Sadio Mane yang mencatatkan namanya di papan skor setelah tendangan yang dia lesatkan tak mampu dibendung oleh kiper Wolves.

Setelah itu, kedua kesebelasan kini saling jual beli serangan dengan harapan bisa menambah pundi-pundi golnya. Serangan lebih didominasi oleh Liverpool yang memang seperti kita tahu mereka membutuhkan hasil kemenangan di laga ini guna menjaga asa mereka untuk meraih trof Liga Inggris.

Namun hingga pertandingan memasuki menit ke-40 belum ada gol tambahan yang tercipta. Sementara pertandingan masih berlangsung sangat sengit. Sampai peluit panjang dibunyikan, skor tidak berubah. Liverpool dan Wolves bermain imbang 1-1 di babak pertama.

Selepas babak kedua berjalan, Liverpool menarik keluar Thiago yang cedera dan digantikan James Milner. Sementara Wolves mengganti Jose Sa yang cedera dengan John Ruddy.

Liverpool sempat membobol gawang Ruddy di menit ke-50 lewat Mane yang meneruskan umpan matang Jota, tapi dianulir wasit karena terjebak offside.

Tiga menit kemudian terjadi kemelut di kotak penalti Wolves saat Mane terjatuh. Bola liar disambar Jota namun bisa diblok pemain.

Trent Alexander-Arnold melepaskan tembakan keras di menit ke-64 dari luar kotak penalti, John Ruddy sambil nerbang menepisnya. Liverpool kesulitan untuk menembus pertahanan Wolves meski sudah memainkan Roberto Firmino.

Wolves nyaris menjebol gawang Liverpool lewat Hwang yang berdiri bebas untuk menembak, tapi bola bisa ditepis Alisson. Pertandingan memasuki 15 menit terakhir, Liverpool dibuat frustrasi oleh Wolves yang bermain begitu rapat.

Di menit ke-80, Wolves juga hampir mencetak gol lagi ketika Dendoncker mendapat bola dari Jimenez. Alisson bisa menepis tembakannya.

Salah! Pemain Mesir tersebut membawa Liverpool berbalik memimpin 2-1 di menit ke-84. Diawali korner yang ditanduk Matip, bola disapu Jimenez di garis gawang. Matip memenangi bola muntah dan Salah mencocornya dari sudut sempit.

Liverpool memperbesar keunggulan jadi 3-1 di menit ke-88 saat Robertson mencocor bola umpan pendek Firmino. Skor tersebut bertahan hingga laga usai.

Liverpool tetap gagal menjadi juara Liga Inggris karena di saat bersamaan Man City menang 3-2 atas Aston Villa.

Susunan pemain

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Ibrahima Konate, Andy Robertson; Naby Keita (Roberto Firmino 70'), Jordan Henderson, Thiago Alcantara (James Milner 45'); Diogo Jota (Mohamed Salah 58'), Sadio Mane, Luis Diaz.

Wolverhampton: Jose Sa (John Ruddy 45'); Willy Boly, Conor Coady, Tote Gomes; Jonny Otto, Leander Dendoncker (Trincao 90'), Ruben Neves, Joao Moutinho, Rayan Ait Nouri; Pedro Neto (Hwang Hee-chan 24'), Raul Jimenez.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar