Kalahkan Barcelona, Lyon Juara Liga Champions Wanita

Para pemain Lyon Feminines merayakan gelar juara Liga Champions Wanita 2021-22. (Foto: UEFA.com)

KBRN, Jakarta: Tim sepak bola wanita, Lyon Feminines sukses meraih gelar juara Liga Champions Wanita musim 2021/2022 usai mengalahkan Barcelona dengan skor 3-1 di Allianz Stadium, Minggu (22/5/2022) dini hari WIB.

Tiga gol kemenangan Lyon dilesatan oleh Amandine Henry di menit ke-6, Ada Hegerberg menit ke-23 dan Catarina Macario menit ke-33.

Barcelona memperkecil kedudukan pada menit ke-41 dari gol Alex Putellas. Namun, skor 3-1 bertahan hingga pertandingan usai dan Lyon menjadi juara Liga Champions Wanita musim 2021/2022.

Lyon adalah salah satu kekuatan besar di sepak bola perempuan, khususnya di Women Champions League.

Termasuk juara musim 2021/2022, Lyon menjadi tim dengan gelar paling banyak. Lyon delapan kali menjadi juara.

Lyon adalah juara Liga Champions lima musim beruntun pada 2015 hingga 2020. Tapi, pada musim 2020/2021, dominasi Lyon dipatahkan Barcelona yang menang 4-0 atas Chelsea pada laga final.

Setelah musim lalu kehilangan gelar juara, Lyon mengembalikan dominasi mereka di Liga Champions. Catarina Macario menjadi salah satu bintang Lyon musim 2021/2022 dengan sembilan gol dari 13 laga, termasuk gol di laga final.

Kedua tim langsung bermain terbuka sejak dimulainya laga. Baik Barcelona Femeni maupun Lyon Feminin saling jual beli serangan. Namun tetapi, petaka justru harus didapat Barcelona Femeni.

Pasalnya, mereka kebobolan lewat gol cepat Amandine Henry di menit enam. Boleh dibilang, gol tersebut sangat cantik karena Henry melakukan tendangan dari jarak  jauh. Lyon Feminin pun unggul 1-0 atas Barcelona.

Unggul satu gol membuat tim besutan Sonia Bompastor itu semakin percaya diri membangun serangan. Hasilnya, Lyon Feminin kembali sukses merobek jaring gawang Barcelona Femeni yang dijaga Sandra Panos di menit ke-23. Adalah Ada Hagerberg yang merubah skor menjadi 2-0.

Hanya selang 10 menit atau tepatnya menit 33, Barcelona Femeni kembali mendapat nasib sial. Ya, mereka kembali kebobolan lewat gol yang dicetak Catarina Macario. Lyon Feminin memperlebar keunggulannya menjadi 3-0.

Hingga akhirnya, Barcelona Femeni berhasil membuka keran golnya di menit ke-41 lewat gol yang dicetak Alexia Putellas. Sampai peluit panjang babak pertama dibunyikan, skor pun tidak berubah, yang mana Lyon Feminin unggul sementara 3-1.

Di babak kedua, Barcelona Femeni mencoba untuk mengejar ketertinggalannya. Kali ini tim yang diarsiteki Giraldez Costas itu bermain sabar dalam melancarkan serangannya dengan menguasai penguasaan bola.

Meski menguasai penguasaan bola, serangan yang dilancarkan Barcelona Femeni masih berujung buntu. Hingga pertandingan berjalan sampai menit 70 pun belum ada tambahan gol yang tercipta.

Lyon Feminin juga mencoba untuk menambah pundi-pundi golnya. Akan tetapi, mereka juga kesulitan untuk menembus pertahanan Barcelona Femeni.

Pertandingan pun berjalan cukup alot di babak kedua ini. Hingga 80 menit pertandingan berjalan, belum ada juga gol tambahan yang tercipta. Lyon Feminin masih unggul 3-1 atas Barcelona Femeni.

Memasuki lima menit akhir pertandingan, situasi tak kunjung berubah. Kedua tim masih belum bisa menambah pundi-pundi golnya. Hingga pada akhirnya, peluit panjang pun dibunyikan. Lyon Feminin berhasil keluar sebagai juara setelah bungkam Barcelona Femeni dengan skor 3-1.

Susunan Pemain:

Barcelona Femeni (4-3-3): Panos; Torrejon, Paredes, Leon, Rolfo; Bonmati, Guijarro, Putellas; Graham Hansen, Caldentey, Jenni.

Pelatih: Giraldez Costas.

Lyon Feminin (4-2-3-1): Endler, Carpenter, Mbock Bathy, Renard, Bacha; Horan, Henry; Cascarino, Macario, Malard; Hegenberg.

Pelatih: Sonia Bompastor.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar