Test Event Jelang Pekan Special Olympics Nasional 2022

Panitia Pekan Special Olympics Nasional (Pesonas) 2022 tengah menggelar Test Event di Kota Semarang yang berlangsung sejak 20 – 22 Mei 2022 (Dok SOINA)

KBRN, Jakarta: Panitia Pekan Special Olympics Nasional (Pesonas) 2022 menggelar Test Event di Kota Semarang yang berlangsung sejak 20 – 22 Mei 2022. Kegiatan ini bermaksud untuk mengetahui segala aspek penyelenggaraan Pekan Special Olympics Nasional yang direncanakan bergulir pada 3 – 8 Juli mendatang.

Sebanyak 238 orang atlit Soina dari 35 kabupaten dan kota Provinsi Jawa Tengah akan mengikuti gelaran test event. Mereka akan berlomba mengikuti aturan – aturan penyelenggaraan Pesonas yang ditetapkan panitia. Pihak Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata menyiapkan venue di berbagai lokasi di Kota Semarang. Diantaranya, GOR Jati Diri, GOR Tri Lomba Juang, juga Lapangan UNNES Gunungpati.

Kegiatan test event akan mempertandingkan 8 (delapan) cabang olahraga, yaitu: Tenis Meja, Bulutangkis, Futsal, Bocce, Dance Sport (Tari Daerah), Senam Ritmik, Renang, dan Atletik. Sedangkan pelaksanaan 4 (empat) kegiatan non kompetisi, yaitu: Healthy Atlet Strong Mind (HASM), Motor Activities Training Program (MATP), Family Congress, dan Atlete Leadership Program (ALPs).

Kegiatan non-olahraga seperti kesenian dan kegiatan pendukung yang dibutuhkan bagi pengembangan anak – anak disabilitas intelektual  agar lebih mandiri seperti kesehatan dan keorganisasian. Pesonas yang pertama ini merupakan pengembangan Pekan Olah Raga (Pornas) yang hanya menyelenggarakan kegiatan olahraga.

Konsultan dari Special Olympics International Asia Pacific Region Amran Siregar menambahkan bahwa, Pesonas adalah sesuatu yang tidak biasa saja. Dalam arti hanya Special Olympics  Indonesia yang  menyelenggarakan paduan antara olahraga dan non-olahraga. Hal itu menarik perhatian pihak Special Olympics International, sehingga Dipak Natali Regional President and Managing Director, Asia Pacific berencana akan hadir.

“Saya ingin memastikan bahwa ajang Pesonas akan menjadi media pemilihan para atlit yang akan berangkat ke Special Olympics World Games mendatang di Berlin,”  ujar Amran.

Amran menambahkan, semua atlit Special Olympics Indonesia yang akan berpartipasi di Pesonas mendatang punya kesempatan yang sama untuk terpilih.

Sebagaimana diketahui ajang olah raga tertinggi empat tahunan bagi disabilitas intelektual ini akan berlangsung di Berlin pada 17 – 25 Juni 2023.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar