SEA Games Vietnam: Dayung Indonesia 14 Emas

KBRN, Hanoi: Tim Nasional (Timnas) Dayung Indonesia sukses merebut 14 medali emas, 14 perak, dan 3 perunggu (total 31 medali) di ajang SEA Games ke-31 Hanoi, Vietnam 2021 (Tahun 2022), untuk nomor rowing dan kano-kayak.

Kesuksesan total 14 medali emas dipastikan setelah Tim Merah Putih kembali menambah tiga medali emas dan satu perak pada final terakhir nomor kayak-kano SEA Games ke-31 Hanoi, Vietnam, di Hai Phong Rowing and Canoeing Center, Hai Phong, Sabtu (21/5/2022), pada nomor 500m kayak 4 putra yang dimotori Maizir Riyondra, Mugi Harjito, Joko Andriyanto, dan Andri Agus Mulyana.

Mugi Harjito dan kawan-kawan finish pertama dengan catatan waktu 01 menit 29.56 detik, mengungguli kuartet Thailand, Aphisi Thamom, Methasit Sitthipharat, Praison Biasamrong dan Aditep Srichart.

Di nomor ini, Thailand dipastikan memperoleh perak dan medali perunggu disabet Singapura.

Sukses tersebut juga diikuti oleh tim putri yang berhasil mencuri emas dari nomor 500m kayak 4 berkat penampilan apik Raudani Fitra, Cinta Nayomi, Ana Rahayu, dan Stevany Maysche Ibo.

BACA JUGA: Indonesia Berpeluang Finish Tiga Besar SEA Games

Kemudian kuartet pedayung Nurmeni, Sella Olce, Riska Andriyani, dan Dayumin, menutup perjuangan tim dayung Indonesia di SEA Games dengan perolehan emas terakhir di nomor 200m kano 4 putri.

Sementara itu pada nomor 500m kano 4 putri, Indonesia hanya mampu meraih perak setelah kalah cepat dari tim tuan rumah Vietnam yang berhak atas medali emas.

Pada final hari terakhir, tim dayung Indonesia hanya kehilangan medali dari nomor 200m kano perseorangan putri setelah Devina Safitri harus puas finish di urutan keempat.

“Hasil yang dicapai tim dayung Indonesia pada final terakhir nomor kayak-kano sudah maksimal, karena persaingan di nomor ini pada SEA Games sangatlah ketat," ungkap Pelatih Timnas Kayak-Kano Indonesia M. Suryadi. 

Ia menambahkan, untuk hari ini target adalah empat medali emas, namun lepas satu nomor tanpa medali sehingga ini menjadi bahan evaluasi untuk penampilan tim dayung Indonesia di masa mendatang.

Dengan tambahan hasil pertandingan hari ini, tim kano-kayak telah mencapai target dengan meraih 6 medali emas, 8 perak dan 3 perunggu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar