Balap Sepeda Raih Dua Emas SEA Games

Ketua Kontingen Balap Sepeda Indonesia SEA Games Vietnam, Brigjen Pol Suyudi Ario Seto (diwawancara wartawan), di Main Press Center SEA Games 2021 Vietnam, Selasa (17/5/2022). (Rian Apridhani/RRI)

KBRN, Hanoi: Cabang olahraga balap sepeda menyumbangkan dua emas dan dua perak hingga hari keenam pelaksanaan SEA Games Vietnam 2021 (Tahun 2022).

Dua emas masing-masing disumbang Tiara Andini Prastika dari nomor downhill putri dan satu emas lainnya berasal dari nomor MTB Cross Country Olympic melalui Zainal Fanani.

Sementara medali perak diraih Andi Prayoga dari kelas Downhill Putra dan Iza Muhammad di nomor MTB Cross Country Olympic.

BACA JUGA: Panahan "Disapu Bersih", Berpeluang Satu Emas Lagi

“Medali emas di nomor MTB merupakan penantian sejak SEA Games Myanmar tahun 2013, dimana saat itu kami membawa pulang tiga medali emas dan dua perak,” ujar Ketua Kontingen Balap Sepeda Indonesia SEA Games Vietnam Brigjen Pol Suyudi Ario Seto, dalam keterangannya kepada wartawan di Hanoi, Rabu (18/5/2022).

Suyudi mengatakan, di SEA Games 2015 dan 2017, MTB absen dalam nomor yang dipertandingkan dan baru dipertandingkan di tahun 2019 tanpa hasil medali emas.

Capaian dua emas dan dua perak dari cabang olahraga balap sepeda SEA Games kali ini juga dianggap sebagai momentum kebangkitan nomor MTB Indonesia di arena pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara.

BACA JUGA: Tim Putri Catur Cepat Berpeluang Raih Emas

“Dengan hasil ini kami ingin katakan bahwa MTB is Back!,” ucap Suyudi.

Suyudi berharap hasil positif balap sepeda bisa memberikan tambahan semangat bagi atlet lainnya untuk mencetak prestasi serupa.

Cabang olahraga balap sepeda masih menyisakan enam nomor kategori road race yang akan dipertandingkan, masing-masing nomor Cryterium putra/putri, ITT putra/putri dan perorangan putra serta perorangan dan beregu putri.

Enam nomor tersebut diharapkan dapat menambah tambahan medali emas bagi Indonesia. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar