Kalahkan Southampton, Liverpool Pangkas Jarak dengan City

Selebrasi gol pemain Liverpool, Joel Matip (kanan) memeluk Ibrahima Konate (kiri) usai membobol gawang Southampton pada laga pekan ke-37 Liga Premier Inggris 2021-22 di St Mary’s, Stadium, Inggris pada Rabu (18/5/2022) dini hari WIB. (Foto: liverpoolfc.com)

KBRN, Jakarta: Liverpool berhasil memangkas jarak poin dengan Manchester City di puncak klasemen sementara Liga Premier Inggris 2021-2022 usai mengalahkan Southampton 2-1 dalam laga pekan ke-37 di St Mary’s Stadium, Rabu (18/5/2022) dini hari WIB.

Southampton sempat unggul terlebih dahulu lewat gol yang dicetak oleh Nathan Redmond di menit ke-13 babak pertama. Liverpool mampu menyamakan kedudukan lewat gol Takumi Minamino di menit ke-27′.

Di babak kedua, The Reds yang tampil mendominasi jalannya pertandingan sukses membalikan keunggulan setelah Joël Matip mencetak gol di menit ke-67′. Liverpool pun menang dengan skor tipis 2-1.

Dengan hasil ini, Liverpool kini ada di peringkat kedua klasemen Liga Inggris dengan 89 poin hanya terpaut 1 poin saja dengan Manchester City yang ada di puncak dengan torehan 90 poin. Hal tersebut membuat penentuan gelar juara bakal ditentukan di pekan terakhir.

Jika di pertandingan terakhir Liga Inggris musim 2021-2022 pada akhir pekan nanti Liverpool menang dan City kalah atau imbang, maka Liverpool yang akan menjadi juara Liga Inggris.

Liverpool langsung tampil menekan pada awal babak pertama. Meski bermain tanpa trio lini depannya, The Reds -julukan Liverpool- mampu menngontrol jalannya permainan pada 10 menit pertama pertandingan.

Secara bergiliran, Harvey Elliot, Curtis Jones, dan James Milner berperan sebagai motor serangan bagi Liverpool. Keasyikan menyerang, The Reds justru kecolongan lewat serangan balik cepat yang dilancarkan Southampton.

Adalah Nathan Redmond (14’) yang mampu memanfaatkan kelengahan Joe Gomez di sisi kiri. Tendangannya kerasnya pun tidak mampu dibendung oleh Alisson Becker, Southampton unggul 1-0. Terpantau, Klopp langsung murka usai gol tersebut.

Situasi itu langsung membuat Liverpool melancarkan serangan bertubi-tubi ke pertahanan The Saints -julukan Southampton. Bahkan, Roberto Firmino sempat mencetak gol sebelum akhirnya dianulir oleh wasit karena offside.

Memasuki menit ke-25, Liverpool terus melancarkan serangan untuk merobek jala gawang Alex McCarthy. Hasilnya manis, Takumi Minamino (27’) berhasil membuat Liverpool samakan kedudukan lewat tendangan roketnya.

Usai gol tersebut, The Reds yang terus menyerang tidak mampu menambah gol hingga wasit meniup peluit panjang. Pada akhirnya, pertandingan di babak pertama antara Southampton vs Liverpool selesai dengan skor imbang 1-1.

Liverpool melakukan pergantian pemain sebelum babak kedua dimulai. Joe Gomez diketahui mengalami cedea, hingga harus digantikan oleh Joe Henderson. Gelandang Liverpool lainnya, James Milner, sepertinya ditempatkan sebagai bek kanan.

Permainan dimulai kembali. Kedua tim melancarkan serangan ke area masing-masing. Kendati demikian, upaya mereka tidak cukup untuk membuka jalannya permainan dengan gol yang bisa menjadi penentu.

Liverpool akhirnya berada di posisi unggul pada menit ke-67. Joel Matip membubuhkan nama di papan skor dan mengubah kedudukan jadi 2-1. Ia memanfaatkan situasi kemelut pasca sepak pojok dengan sangat baik.

Meski sedang unggul, the Reds tetap berupaya mengejar gol ketiga untuk mematikan harapan lawan menyamakan skor. Beberapa upaya telah mereka lakukan di sisa-sisa menit pertandingan.

Namun beragam upaya Liverpool selalu mentok. Pada akhirnya, mereka harus puas dengan keunggulan 2-1. Tambahan tiga poin membuat the Reds menempel ketat pemuncak klasemen sementara Premier League, Manchester City.

Susunan Pemain:

Southampton (3-4-3): Alex McCarthy; Jack Stephens, Lyanco, Mohammed Salisu; Kyle Walker-Peters, James Ward-Prowse, Ibrahima Diallo (Oriol Romeu 71'), Nathan Tella (Stuart Armstrong 71'); Nathan Redmond, Armando Broja (Che Adams 82'), Mohamed Elyounoussi.

Liverpool (4-3-3): Alisson; Joe Gomez (Jordan Henderson 46'), Joel Matip, Ibrahima Konate, Konstantinos Tsimikas; Curtis Jones, James Milner, Harvey Elliott (Divock Origi 65'); Takumi Minamino, Roberto Firmino (Naby Keita 83'), Diogo Jota.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar