Susanto Dan Jodi Rebut Perunggu Catur Cepat

IM Azarya Jodi Setyaki (Indonesia) vs IM Tin Jiangyo (Singapura) dalam pertandingan catur cepat, SEA Games 31 Vietnam

KBRN, Hanoi: Tim Catur Indonesia hanya menambah 2 medali perunggu lewat GM Susanto Megaranto (2530) dan IM Azarya Jodi Setyaki (2158) pada laga catur cepat atau rapid chess putra SEA Games 31 Hanoi, Vietnam yang memainkan pertandingan di Gedung Quang Ninh Exhibition Center, Halong City.

Baik Susanto dan Azarya Jodi harus puas meraih perunggu setelah keduanya tidak bisa melewati semifinal Selasa (17/5/2022) siang, usai ditundukkan lawan-lawannya dari dua babak yang dimainkan.  Menghadapi pecatur nomor dua Vietnam GM Nguyen Ngoc Truong Son (2603)  di babak pertama mengendalikan buah putih Susanto gagal meraih angka dan di babak dua terpaksa hanya bisa menahan Triong Son dengan hasil remis, sehingga tersisih dengn angka 0,5-1,5.

Hasil sama juga dialami Azarya Jodi tidak dapat mengatasi pecatur Singapura IM Tin Jiangyo (2355) yang akhir meraih tiket dengan keunggulan 0,5-1,5. 

“Jumpa Truong Son tetap menjadi kendala bagi dirinya walapun telah mempelajari permainan setelah sebelummya juga mengalami kekalahan di laga penyisihan, “ ungkap Susanto Megaranto.  Pada laga berikutnya mulai besok (18/5/2022) untuk nomor catur kilat (blitz)  Susanto berjanji akan bermain lebih maksimal untuk mengejar target medali emas.

Dengan hasil itu, tim catur Indonesia sementara memperoleh 1 medali emas, 2 perak dan 2 perunggu dari dua nomor yang telah dipertandingkan di arena SEA Games 31 Hanoi, Vietnam.  Dua medali emas sebelumnya diraih pada nomor standar putri melalui WIM Dewi AA Citra.   Sedangkan dua medali perunggu ditambah lewat penampilan IM Irine Kharisma Sukandar serta IM Mohamad Ervan pada katagori standar putra.

Mulai besok Rabu (18/5/2022)  cabang olahraga catur SEA Games 31 memainkan pertandingan nomor catur cepat tim putra-putri.  Untuk putra tim catur Indonesia menurunkan GM Novendra Priasmoro (2312) dan IM Yoseph Theolifus Taher (2295).  Sementara untuk putri bermaterikan IM Medina Warda Aulia (2344) dan WIM Ummi Fisabillilah (2091).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar