Mandenas: Jangan Khawatirkan Kepergian Sejumlah Pemain Persipura

Manajer Persipura Yan Mandenas dalam pertemuan beberapa waktu lalu di Jayapura, Papua. Mandenas menegaskan perginya sejumlah pemain Persipura ke Klub lain tidak perlu dirisaukan karena masih banyak talenta muda sepakbola Papua yang akan bergabung dengan skuad Mutiara Hitam di Liga 2. (Foto/rri.co.id/Chaarly Reinhard)

KBRN, Jakarta: Manajer Persipura Jayapura Jan Mandenas mengingatkan kepada para penggemar supaya tidak berkecil hati atau khawatir dengan banyaknya pemain Mutiara Hitam yang pindah ke klub lain yang bermain di Liga 1 Indonesia.

Menurutnya, mereka para pemain tersebut telah habis masa kontrak dan memang memilih bermain di Liga 1 sementara Persipura Jayapura sekarang baru saja terdegradasi ke Liga 2 Indonesia.

"Kami tidak punya hak untuk menahan mereka karena kontrak mereka sudah habis. Kami juga sudah bertemu mereka dan mereka sudah memberitahukan kepada kami kalau mereka ingin bermain di klub Liga 1," ujar Mandenas kepada RRI.co.id di Jakarta, Senin (16/5/2022).

Para pendukung Persipura menurutnya tidak perlu risau karena perpindahan seperti ini hal biasa dalam dunia sepak bola.

Secara profesional semua pemain punya hak untuk menentukan, sementara manajemen hanya dapat bernegoisasi dengan pemain yang bersangkutan.

Tapi kabar gembira, menurutnya masih banyak pemain yang hingga saat ini tetap loyal dengan ikatan kontrak, memathui, serta menghormati manajemen dengan memilih bertahan di skuad Mutiara Hitam mengarungi Liga 1 Indonesia.

Para pemain yang memilih bertahan adalah Ramai Rumakiek, Brian Fatari, Elisa Yahya Basna, Israel Wamiau, Nelson Alom, Yustinus Pae, Muhammad Tahir, dan Alfons Migau.

"Kami sudah bertemu, dan mereka telah menyatakan tetap bersama Persipura berjuang di Liga 2. Mereka sangat mematuhi regulasi yang berlaku, sesuai dengan kontrak yang disepakati," tambahnya.

Hingga saat ini, manajemen belum menentukan sosok pelatih yang akan menangani Persipura musim depan.

Pelatih lokal yang sebelumnya masuk radar manajemen seperti Eduard Ivakdalam saat ini sudah menerima tawaran klub liga 2 Persewar Waropen.

"Kami harus mencari pelatih lain karena Eduard Ivakdalam sudah jadi pelatih Persewar. Saat ini kami ingin memantapkan komposisi pemain yang ada sambil berjalan mencari talenta muda lain untuk memperkuat komposisi yang ada," jelasnya

Sejumlah pemain muda berbakat diinformasikan tertarik bergabung dengan Persipura sekarang.

Oleh karena itu, proses seleksi pemain akan dilakukan secepatnya, supaya kekuatan muda dapat segera digabungkan dengan sejumlah pemain senior.

Banyak pemain asal Papua yang berada di Liga 1 maupun Liga 2 terpanggil untuk kembali berjuang dengan Persipura musim depan.

"Banyak talenta muda yang akan bergabung. Namun ada juga beberapa pemain senior seperti Patrich Wanggai, Vendry Mofu, dan Roni Beroperay, yang ingin kembali ke Persipura. Kami senang mereka ingin berjuang untuk mengembalikan lagi kejayaan Persipura di Liga 1," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar