Debut SEA Games, Allisya Langsung Sabet Emas

Allisya Mellinar berpose usai upacara pengalungan medali di Cau Giay Stadium, hanoi Vietnam, Sabtu (14/5/2022). Allysa meraih medali emas nomor Taijiquan dan sekaligus menyumbangkan medali emas pertama untuk cabang olahraga wushu pada SEA Games 2021 Vietnam.

KBRN, Hanoi: Allysa Mellinar mempersembahkan medali emas untuk kontingen Indonesia dari cabang olahraga wushu setelah memastikan diri sebagai yang terbaik pada pertandingan babak final nomor Women’s Taijiquan yang berlangsung di Cau Giay Gymansium, Hanoi, Vietnam, Sabtu (14/5/2022).

Atlet berusia 20 tahun itu mengoleksi nilai tertinggi dengan raihan poin 9,71, mengungguli wakil Filipina, Agatha Christenz, yang mencatat poin 9,69. Sementara unggulan Malaysia, Sy Xuan Sydney, harus puas di tempat ketiga dengan poin 9,68.

"Saya senang bisa menyumbangkan medali emas bagi kontingen Indonesia. Dan, saya tidak menduga bisa tampil maksimal pada penampilan perdana di SEA Games," kata Alis.

Sayangnya kesuksesan Alisyah gagal diikuti Nikolas yang tampil di nomor Taiji Quan putra. Atlet wushu asal Sasana Yayasan Wushu Kusuma Indonesia ini harus puas meraih medali perak dengan mengantongi 9,71 poin. Medali emas direbut atlet Singapura, Jun Kai Chan  dengan nilai 9,72 poin dan atlet wushu Filipina, Jones Liabres meraih perunggu dengan 9,70 poin.

"Yang penting saya bisa tampilkan yang terbaik dan menyumbang medali buat indonesia saja sudah puas banget. Itu saya gak nyangka karena ini SEA Games pertama saya. Nggak nyangka bisa mendapat medali apalagi perak," kata Nikolas.

"Saya memang sempat nangis. Itu tangis kepuasan. Apalagi, kemarin saya gagal meraih medali di nomor Taiji Jian meski sudah berusaha. Hari ini, saya lebih enak karena bermain lepas," tambahnya.

Medali perak juga disumbangkan Haris Oratius di nomor Nan Quan putra dengan mengumpulkan 9,70 poin. Medali emas direbut atlet wushu Brunai Darussalam, Mohammad Adi Salih dengan 9,71 poin dan Hoo Nong Van dari Vietnam harus puas kebagian perunggu dengan 9,69 poin.

Dengan hasil ini, Tim Nasional Wushu Indonesia sudah mengantong 1 emas, 3 perak dan 1 perunggu dari nomor Taolu. "Kita berharap emas Alisyah bisa diikuti atlet-atlet lainnya. Mudah-mudahan kita bisa menambah perolehan medali emas bagi Kontingen Indonesia," kata Sekjen Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Ngatino.

"Ya, saya akan berusaha memotivasi anak-anak agar tampil lebih tenang dan fokus untuk bisa meraih tempat terbaik. Peluang untuk menambah medali emas cukup terbuka pada hari terakhir yang memperebutkan empat medali emas," timpal Susyana, pelatih Timnas Wushu Indonesia khusus Taolu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar