Ervan dan Irine Pimpin Klasemen Catur Klasik

Dokumentasi - IM Mohamad Ervan (ujung kiri) dan IM Irine Kharisma Sukandar (kedua dari kanan), berada di puncak klasemen nomor catur klasik (standar) perorangan putra-putri SEA Games 31 hingga menyelesaikan babak 6 di Quang Ninh Exhibition Center, Vietnam, Jumat (13/5/2022). (Foto: Dok. Kristianus Liem/PB Percasi)

KBRN, Hanoi: Tim Catur Indonesia masih dalam jalur perebutan medali emas setelah menempatkan IM Mohamad Ervan dan IM Irine Kharisma Sukandar pada puncak klasemen nomor catur klasik (standar) perorangan putra-putri SEA Games 31 hingga menyelesaikan babak 6 di Quang Ninh Exhibition Center, Vietnam, Jumat (13/5/2022).

Di bagian putra, Mohamad Ervan (2367) sementara memimpin sendirian di puncak klasemen dengan point 4.5 setelah pada babak 5 dan 6 mampu menambah 1 point.  

Tambahan point itu diperoleh Ervan setelah di babak 5 tampil mengejutkan menahan remis pecatur tuan rumah unggulan utama GM Nguyen Ngc Truong Son (2641) babak kelima  dan menahan draw IM Yeoh Litian (2523) dari Malaysia di babak keenam.

“Alhamdullilah aku bisa mengambil point penting saat jumpa Truong Son dan Litian hari ini karena diatas kertas kemampuan serta pengalaman mereka sangat tinggi” ungkap Ervan gembira kepada RRI.co.id.

Pecatur asal Jawa Timur itu berharap di sisa tiga babak lagi dirinya mampu mencapai hasil maksimal guna mewujudkan cita-citanya meraih medali emas nomor bergengsi catur klasik.

Truong Son sendiri yang di babak keenam Kembali harus mencapai hasil remis ketiga jumpa pecatur Singapura IM Tin Jingyao, sementara membayangi di posisi kedua dengan point 4 sama dengan Litian di urutan ketiga.

Pecatur putra Indoneia lainnya GM Novenra Priasmoro (2501) juga menambah satu point setelah di babak 5 harus mengakui keunggulan Tin Jingyao dan di babak 6 mengalahkan pecatur Myanmar IM Nay Oo Kyaw Tun (2385). 

Menyelesaikan babak 6 Novendra sementara berada di peringkat 6 memperoleh point 3.

Pecatur Putri Semakin Cerah

Sementara di bagian putri, kecerahan mewarnai penampilan tim catur Indonesia menyusul capaian IM Irine Kharisma Sukandar (2392) dan WIM Dewi AA Citra (2211) meraih full point di babak kelima dan keenam.

Irene mengalahkan WFM Tan Li Ting dari Malaysia di babak 5 dan menundukkan salah satu saingan beratnya WGM Vo Thi Kim Phung dari Vietnam babak 6.

Sementara Citra mengalahkan WGM Hoang Thi Bao Tram (Vietnam) dan WIM Azhar Puteri Munajjah Az-Zajraa dari Malaysia.

“Meski di Quang Nihn hari ini selalu diliputi mendung tetap membuat suasana pertandingan terasa cerah,” seloroh Pelatih Kepala Timnas Catur Indonesia Kristianus Liem, menanggapi hasil yang dicapai hari ini.

Kristianus Liem yang juga Kabid Binpres PB Percasi berharap, dengan modal hasil positif di babak 5 dan 6, diharapkan Irine dan Dewi Citra termasuk Ervan, bisa tetap bermain maksimal guna mencapai target raihan medali emas di sisa tiga babak.

Dengan hasil sempurna itu baik Irine maupun Dewi Citra memimpin klasemen sementara mengumpulkan 4.5 poin.

Sedangkan Tram yang  mengalahkan WIM Jan Jodilyn Fronda dari Filipina di babak 6, bertengger di urutan 3 sama-sama mengumpulkan 4.5 poin.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar