PSM Makassar Menang Tipis 2-1 Atas Barito Putera

Pesepak bola PSM Makassar Willem Jan Pluim (kedua kiri) berebut bola dengan tiga pesepak bola Barito Putera Bagas Kaffa (kedua kanan), Bayu Pradana (kanan) dan Muhamad Firli (kiri) saat pertandingan Liga 1 di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Bali, Jumat (28/1/2022). PSM Makassar mengalahkan Barito Putera dengan skor 2-1. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/wsj.Caption

KBRN, Jakarta: PSM Makassar sukses meraih poin penuh saat melawan Barito Putera dalam laga lanjutan pkena ke-21 BRI Liga 1 2021-22. Juku Eja menang 2-1 atas Laskar Antasari di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Bali, Jumat (28/1/2022) malam WIB.

Satu gol Barito Putera di cetak Rafael da Silva Santos menit ke-26′. Sementara 2 gol kemenangan PSM Makassar masing-masing di cetak Yakob Sayuri menit 12′, dan Willem Jan Pluim menit ke-22′.

Pertarungan antara Barito Putera dan PSM berlangsung menarik sejak menit awal, karena kedua tim memperlihatkan permainan terbuka. Para pemain masing-masing tim menunjukkan kecepatan untuk membongkar pertahanan lawan.

Kubu PSM bersorak kegirangan lebih dulu ketika umpan Ilham Udin Armaiyn disambut Yakob Sayuri yang lepas dari jebakan off-side. Yakon selanjutnya menggiring bola ke dalam kotak penalti, dan melepaskan tendangan yang tak bisa dibendung kiper Muhammad Riyandi.

Selang dua menit kemudian, Barito Putera nyaris menyamakan kedudukan. Bola yang ditangkap Hilman Syah sempat terlepas, dan Guy Junior langsung menyambarnya. Namun sepakan Guy Junior masih menghajar tiang kanan gawang.

Alih-alih menyamakan kedudukan, gawang Barito Putera kebobolan untuk kali kedua di menit ke-22. Umpan lambung Zulkifli Syukur dari sisi kanan serangan disambut tandukan Wiljan Pluim yang menghujam gawang Barito Putera.

Barito Putera langsung bangkit untuk mengejar ketertinggalan dua gol. Upaya mereka membuahkan hasil selang lima menit kemudian. Umpan Bruno Matos dari sisi kanan serangan disambut sontekan Rafael Da Silva untuk menjebol gawang Hilman Syah.

Selepas itu, PSM menurunkan tempo permainan, dan membuat Barito Putera mengalami kesulitan menembus pertahanan Juku Eja. Skor 2-1 untuk keunggulan PSM menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, penggawa PSM Makassar tidak menurunkan tempo permainannya sama sekali. Bahkan Yakob Sayuri (53’) mendapatkan peluang lewat serangan balik akan tetapi tendangannya tidak tepat sasaran.

Meski menguasai pertandingan, Juku Eja tampaknya masih kesulitan untuk bisa menjebol lini pertahanan solid yang dimiliki Barito Putera. Cukup alot jalannya pertandingan di tengah-tengah babak kedua kali ini.

Meski sedang unggul, tampaknya PSM Makassar masih belum puas. Tim besutan Joop Gall itu terus-terusan lancarkan serangan namun berkali-kali juga masih bisa diantisipasi oleh tembok pertahanan Barito Putera.

Meski begitu, bukan berarti pemain Laskar Antasari tanpa perlawanan. Pasalnya, mereka kerap kali melakukan tendangan-tendangan jarak jauh dengan harapan bisa menjebol gawang PSM Makassar.

Barito Putera nyaris saja menyamakan kedudukan di menit ke-88. Peluang tersebut berawal dari tendangan bebas Bruno Matos yang berhasil ditepis oleh Hilmansyah. Kemudian bola muntahan itu disambar oleh Rafael Silva namun membentur mistar gawang.

Tambahan waktu lima menit pun diberikan oleh wasit yang memimpin jalannya pertandingan. Kali ini justru skuad Juku Eja yang terus ditekan oleh para pemain Laskar Antasari. Namun sayang usaha mereka untuk menyamakan kedudukan harus pupus. Sebab, PSM Makassar berhasil menang tipis 2-1 atas Barito Putera.

Dengan hasil ini, Barito Putera semakin terpuruk ada di pringkat 17 klasemen Liga 1 BRI dengan 16 poin. Sedangkan PSM Makassar, naik ke posisi 9 klasemen dengan 27 poin.

Susunan Pemain: 

Barito Putera (4-2-3-1): Riyandi; Bagas Kaffa, Muhammad Firly, Kim Jin-sung, Saddam Hi Tenang; Luthfi Kamal, Bayu Pradana; Beny Oktovianto, Bruno Matos, Rafael Silva; Guy Junior.

Pelatih: Rahmad Darmawan

PSM Makassar (4-2-3-1): Hilmansyah; Zulkifli Syukur, Hasyim Kipuw, Ganjar Mukti, Abdul Rahman; Arfan, Delvin Rumbino; Wiljan Pluim, Yakob Sayuri, Ilham Udin Armaiyn, Prince Kallon.

Pelatih: Joop Gall.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar