Piala Afrika, Guinea Hadapi Senegal di Perempat Final

Selebrasi kiper Timnas Guinea, J. Owono setelah menepis tendangan penalti pemain Mali dan membawa Guinea lolos ke perempat final Piala Afrika 2021 (Foto: Twitter AFCON)

KBRN, Jakarta: Timnas Guinea Ekuator berhasil melangkah ke babak perempat Piala Afrika 2021 usai menyisihkan Timnas Mali lewat babak adu penalti dengan skor 6-5 pada laga 16 besar di Stadion Limbe Omnisport, Limbe, Kamerun, Kamis (27/1/2022) dini hari WIB. Di babak perempat final nanti, Guinea telah ditunggu Senegal yang sudah lolos terlebih dahulu.

Setelah bermain imbang 0-0 dalam 120 menit, Guinea lolos ke babak selanjutnya setelah melalui pertarungan sengit di babak adu penalti. 16 tendangan penalti terjadi pada laga kali ini. Dua penendang Guinea gagal melaksanakan tugasnya. Namun, tiga penendang Mali juga gagal dan membuat Guinea menang dengan skor 6-5.

Sejak menit awal, Mali yang lebih terlihat agresif dalam hal menyerang. Mereka sudah menciptakan percobaan tendangan ke gawang di menit ketujuh meski bola melambung ke atas mistar gawang.

Pertahanan kuat dari Guinea Ekuator membuat penguasaan bola Mali hanya sampai di lapangan tengah permainan. Meski menguasai, Mali kesulitan menembus jantung pertahanan lawan.

Guinea Ekuator bukan tanpa serangan. Mereka mendapatkan kesempatan pertamanpada menit ke-26 melalui tendangan dari Dorian Hanza. Sayang bola masih melenceng ke sisi kiri gawang lawan.

Tendangan mengarah ke gawang pertama diciptakan Mali pada menit ke-33. Adalah Amadou Haidara yang menendang dari tengah kotak penalti namun masih mampu ditangkap kiper J. Owono.

Laga terus berlangsung ketat di lapangan tengah hingga wasit meniup peluit panjang. Skor 0-0 pun masih menghiasi laga kali ini.

Memasuki babak kedua, Mali masih tampil layaknya di babak pertama. Mereka lebih dulu berinisiatif melakukan serangan di antaranya melalui kaki dari Mohamed Camara di awal-awal babak.

Bertubi-tubi Mali mengancam pertahanan lawan di depan maupun dalam kotak penalti. Namun sayang percobaan-percobaan dari para pemainnya tidak ada yang menemui sasaran.

Mali terus mengepung pertahanan Guinea Ekuator di pertengahan babak. Tapi lagi-lagi percobaan yang mereka lakukan paling banter dapat diblok pertahanan lawan tanpa mengancam gawang.

Sampai akhirnya 90 menit berakhir dengan skor 0-0 masih bertahan. Mali hanya mampu melepaskan tendangan mengarah ke gawang 1 kali dari 6 percobaan. Sementara Guinea Ekuator tidak pernah menendang ke arah gawang sekalipun.

Di babak tambahan, Guinea Ekuator menciptakan peluang mengarah ke gawang pertamanya. Melalui tembakan Basillio Ndong bola masih bisa diamankan oleh kiper I. Mounkoro.

Setelah itu, Guinea tampak mulai keluar menyerang walau masih kesulitan menciptakan peluang serupa. Skor 0-0 masih bertahan di 15 menit pertama.

Dengan sisa-sisa tenaga, kedua tim saling berbalas serangan di 15 menit kedua. Namun serangan mereka kandas di lapangan tengah permainan. Skor 0-0 masih bertahan hingga akhir babak tambahan kedua. Pemenang harus ditentukan di babak adu tendangan penalti.

Di babak adu penalti, Guinea Khatulistiwa sempat memulai dengan buruk. Emilio Nsue yang maju sebagai penendang pertama gagal mengonversi penalti jadi gol usai tendangannya melambung.

Guinea Khatulistiwa yang sempat tertinggal kemudian unggul 3-2 dan berpeluang untuk menang setelah penalti penendang keempat Mali Hamari Traore gagal. Namun, tendangan eksekutor kelima Guinea Khatulistiwa Pablo Ganet juga gagal jadi gol.

Mali menyamakan kedudukan jadi 3-3 lewat penalti El Bilal Toure. Dalam posisi unggul 6-5, Guinea Khatulistiwa mengunci kemenangan berkat penyelamatan Jesus Owono yang menepis penalti penendang kedelapan Mali Falaye Sacko.

Lolos ke perempatfinal, Guinea Khatulistiwa selanjutnya akan menghadapi Senegal pada 30 Januari. Senegal sudah lebih dulu lolos dengan menyingkirkan Tanjung Verde dengan skor 2-0.

Susunan Pemain:

Mali (4-2-3-1): I. Mounkoro; H. Traore, F. Sacko, B. Kouyate, M. Haidara; A. Haidara, M. Camara; A. Traore, Y. Bissouma, M. Doumbia; I. Kone

Pelatih: Mohamed Magassouba

Guinea Ekuator (4-4-1-1): J. Owono; C. Akapo, Obiang Obono, S. Coco, B. Ndong; I. Salvador, P. Ganet, Pepin, J. Miranda; F. Bikoro; D. Hanza

Pelatih: Juan Micha.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar