Honda Umumkan 'Comeback' Marquez di Tes MotoGP Sepang

KBRN, Jakarta: Tim pabrikan MotoGP Repsol Honda mengumumkan bahwa rider mereka, Marc Marquez telah diizinkan berpartisipasi dalam tes pramusim resmi MotoGP 2022 yang akan berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 5-6 Februari.

Melalui laman resminya, Rabu (26/1/2022), Tim Repsol Honda mengatakan bahwa Marquez diizinkan untuk membalap pada tes pertama tahun 2022 setelah pemeriksaan medis yang memastikan bahwa perawatan telah berhasil sepenuhnya, dan dia dalam kondisi yang sangat baik untuk mengendarai motor MotoGP.

“Sepanjang musim dingin Marquez terus melakukan pemeriksaan medis dan konsultasi untuk memantau diplopianya,” bunyi pernyataan pabrikan berlogo sayap tunggal itu.

Dalam beberapa pekan terakhir, peningkatan kondisi Marquez membuat tim medis menganggap pemulihannya cukup untuk kembali berlatih dengan roda dua.

“Pembalap #93 pertama kali kembali ke trek motocross sebelum mencoba Honda RC213V-S di Portimao dan Honda CBR600RR di Aragon."

“Senin lalu, tanggal 24 Januari, Marquez menjalani pemeriksaan medis lagi yang menegaskan bahwa perawatannya telah sukses total dan delapan kali juara dunia itu dalam kondisi yang layak untuk mengendarai motor MotoGP."

“Oleh karena itu, telah diputuskan bahwa Marquez akan memulai kampanye 2022 pada Tes MotoGP resmi pertama di Sepang, sebelum menuju ke Mandalika, Indonesia, pada minggu berikutnya."

“Ini akan menjadi kali pertama Marquez kembali memacu motor MotoGP sejak memenangi GP Emilia Romagna 2021 di depan Pol Espargaro."

“Repsol Honda Team akan menjalani tes pertama musim baru dengan kekuatan penuh bersama Marquez dan Pol Espargaro, yang memasuki tahun keduanya bersama tim,” tutup penyataan resmi Honda.

Kecelakaan saat latihan motocross demi Grand Prix Algarve 2021 lalu memaksa Marquez menghabiskan lbur musim dengan beristirahat di rumah. Awalnya, dia didiagnosis gegar otak. Namun, pemeriksaan lanjutan menunjukkan #93 menderita diplopia (penglihatan ganda).

Selama tiga bulan, Marquez menahan diri untuk tidak beraktivitas di trek. Hingga pekan lalu, dia akhirnya mendapat lampu hijau untuk kembali memacu motocross. Tak berhenti sampai di situ, Spaniard menggeber RC213V-S di Portimao, serta CBR600RR di Aragon.

Usai melibas trek Portimao, Marquez mengungkapkan bahwa tidak ada masalah dengan penglihatannya ketika melaju kencang di atas motor. Walau begitu, Honda belum menyatakan apakah sang pembalap bisa menguji coba RC213V 2022 pada tes pramusim MotoGP Sepang.

Pada Rabu (26/1/2022), Repsol Honda Team merilis konfirmasi resmi perihal keikutsertaan Marquez dalam sesi uji coba resmi. Hal ini berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan Senin (24/1/2022) lalu.

Selain menunggangi RC213V-S dan CBR600RR, Marquez juga sempat berlatih gokat di Karting Vendrell, ditemani adiknya, Alex. Kedunya mengemudikan CRG KZ dari tim Carlos Gil, perwakilan mereka Italia di Spanyol.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar