Mancini Beberkan Alasan Panggil Balotelli ke Timnas Italia

KBRN, Jakarta: Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini merasa sangat yakin untuk memanggil Mario Balotelli mengikuti pemusatan latihan (TC) tim nasional untuk mengisi kekosongan lini serang Gli Azzuri pada pertandingan di kalender FIFA. Menurut Mancini, Balotelli tidak perlu menjanjikan apapun kepada Timnas Italia.

Ini menjadi pemanggilan pertama yang diterima Balotelli dalam tiga tahun terakhir. TC ini juga bagian dari persiapan tim menghadapi pertandingan play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa pada Maret mendatang.

Publik sepakbola Italia menilai pemanggilan Balotelli sebagai bentuk keputusasaan Mancini untuk membawa Gli Azurri lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar. Namun Mancini menanggapinya dengan santai.

“Jika keputusasaan adalah apa yang kami alami sebelum Piala Eropa, maka itu berhasil bagi kami. Mungkin kami memberikan yang terbaik ketika kami merasa sedikit putus asa. Tetapi setelah mengatakan itu, saya tidak berpikir ini adalah situasi keputusasaan,” beber Mancini dikutip laman Football Italia.

“Balotelli selalu memberikan teknik yang hebat, ini hanya tentang melihat kebugaran fisiknya. Kami penasaran untuk melihat bagaimana dia melakukannya, dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dari dekat dalam pelatihan.”

“Dia tidak perlu menjanjikan apa pun kepada kami, sama seperti kami tidak memberinya janji. Saya pikir dia senang berada di sini, dan saya akan mengevaluasi dia sama seperti yang lainnya.”

Pemanggilan Balotelli yang berkiprah di Liga Turki bersama Adana Demirspor ini memunculkan pertanyaan mengenai peluang Lorenzo Insigne ke skuad tim nasional. Insigne akan bergabung dengan klub Liga Utama Amerika Serikat (MLS) Toronto FC pada Juli mendatang.

“Saya belum tahu apa yang akan dilakukan Lorenzo. Kami memiliki pertandingan pada bulan Maret dan Juni, dia masih di sini (Serie A). Kemudian ada laga internasional pada bulan September, dan selanjutnya Piala Dunia. Membicarakan masalah ini sekarang tampaknya terlalu dini,” kata Mancini.

Dalam TC ini, Mancini ingin mematangkan taktik permainan yang dia inginkan. Mereka pun tidak menggelar laga internasional, dan hanya melakukan gim internal antarpemain.

“Kami menjalani dua sesi latihan hari ini dan besok, kemudian pertandingan antarpemain pada Jumat pagi. Kami akan menguji beberapa solusi taktik, karena dua hari tidak banyak bekerja. Mungkin juga ini momen tepat untuk mengevaluasi mereka yang sudah lama tidak dipanggil, seperti Balotelli dan lainnya,” papar Mancini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar