Ajang Moto3-GP, Pembalap Mario Minta Restu Wapres

Wapres Ma

KBRN, Jakarta : Menjelang keberangkatannya ke ajang Moto3 GP musim 2022, pembalap Mario Suryo Aji bertemu Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk meminta restu, Sabtu (22/01/2022) di Istana Wapres, Jakarta Pusat.

Pembalap muda berusia 17 tahun asal Magetan ini, hadir bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan tim.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan pihaknya mendukung penuh perjuangan Mario dan berharap bisa mencapai prestasi membanggakan bagi negara.

“Saya mendoakan mudah-mudahan anak kita ini betul-betul akan mencapai prestasi yang luar biasa dan menjadi pembalap yang terkenal yang nantinya akan menjadi kebanggaan nasional kita,” ungkap Wapres Ma’ruf Amin dalam konferensi pers yang digelar usai pertemuan.

Tidak hanya itu, Wapres secara khusus menyebut, Mario Suryo Aji sebagai “Local Hero” menjadi kebanggaan tanah air, untuk bisa menjadi pembalap bertaraf internasional.

“Inilah yang disebut oleh banyak pihak sebagai “local hero”. Yaitu, kebanggaan nasional kita. Ini salah satu talenta yang dimiliki. Karena itu, pemerintah akan mendorong terus supaya bisa lebih berprestasi dan menjadi pembalap internasional,” tambahnya.

Wapres juga mendorong agar Mario terus meningkatkan talenta di dunia balap serta bisa menjadi contoh bagi generasi muda Indonesia secara luas.

“Dan, kita harapkan kedepan akan banyak lagi anak-anak kita yang beprestasi. Saya berharap Mario supaya betul-betul displin dan bisa memenangkan setiap pertandingan. Dan, nanti akan menjadi contoh dan motivator bagi para pembalap atau olahragawan yang lain,” kata Wapres.

Pada kesempatan itu Wapres turut menyinggung mengenai upaya yang dilakukan pemerintah untuk mencetak atlet beprestasi seperti Mario Suryo Aji, salah satunya melalui program Design Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Kita memang sudah merancang, membuat apa yang kita sebut sebagai DBON (Design Besar Olahraga Nasional). Supaya para olahragawan kita tidak hanya nanti berhasil karena kebetulan, tapi betul-betul by design. Ini secara kebetulan Mario sudah punya talenta sendiri, jadi sendiri. Dan, ini akan terus kita dorong,” papar Wapres lagi.

Meski sempat mengalami cedera femur ketika pelatihan di Spanyol tiga bulan lalu, namun Mario Suryo Aji memastikan telah pulih dan siap mengikuti balapan Moto3 GP Musim 2022.

“Persiapan tiga bulan kemarin Mario mengalami cedera femur, saat menjalani pelatihan di Spanyol dan saat pulang ke Indonesia kemarin Mario hanya fokus dipemulihan. Mulai besok Mario berangkat ke Spanyol untuk menjalankan full winter training camp sebelum balapan dimulai,” ucap Mario Suryo Aji.

Akan ada 21 seri berlangsung di 16 negara pada pagelaran Moto3 GP 2022, dengan seri 3 diselenggarakan di Mandalika pada Maret mendatang.

Mario sendiri telah menjalani pelatihan secara private di Sirkuit Mandalika pada 17 – 20 Januari lalu.

“Mario tentunya impressive ada sirkuit seindah itu di negara tercinta kita dan semoga bisa menjadi bahan latihan Mario untuk memberikan hasil yang terbaik di bulan Maret nanti. Sebenarnya kemarin Mario di Mandalika menggunakan motor standar full produksi karena regulasi dari Dorna. Waktu catatan 1 lap terbaik di 1 menit 59 detik,” terang pembalap berusia 17 tahun ini.  

Memulai karir balapan motor pada 2016, Mario Suryo Aji telah naik ke kejuaraan Eropa selama tiga tahun terakhir dan semakin siap mengepakkan sayap di ajang internasional pada tahun ini.

“Ada jenjang sendiri Mario mulai 2016 mengikuti program dari Astra Honda Motor (AHM). Mengikuti balapan di Asia selama dua tahun. Berkat prestasi Mario sudah naik di kejuaran Eropa selama tiga tahun terakhir. Alhamdulillah, tahun ini Mario mulai mengikuti full kejuaran dunia di 16 negara selama 21 putaran,” pungkasnya.

Mario Suryo Aji berhasil menembus ajang Moto3 musim 2022, setelah mendapatkan catatan impresif saat berkompetisi di ajang FIM CEV Moto3 Junior World Championship 2021.

Pada kompetisi ini Mario berhasil mengumpulkan 58 poin dan bertahan di posisi ke-12.

Pada ajang Moto3 2022 yang dimulai pada Maret mendatang, Mario akan berlaga di bawah naungan Honda Team Asia menggantikan Andi Gilang, pembalap Indonesia sebelumnya.

Dalam debutnya nanti, Mario dikabarkan akan disandingkan dengan pembalap asal Jepang, Taiyo Furusato untuk mengikuti laga sebanyak 21 seri di 16 negara. (Foto:SetwapresRI)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar