Jaring Bibit Muda, PERBASI Gelar Turnamen 3x3

KBRN, Jakarta: Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) bekerjasama dengan Supersport Sensation International (SSS International) akan bekerjasama menggelar Turnamen Bola Basket 3x3 bertajuk bertajuk “Livin' Mandiri Indonesia 3x3 Tournament 2022” digelar mulai 19 – 23 Februari 2022. Menyasar generasi muda, turnamen ini akan diperuntukkan bagi siswa SMA dan pebasket muda berusia di bawah 23 tahun (U-23).

“Awalnya akan melakukan city selection, sekaligus membuka empat kategori pertandingan, U-23 (klub) putra dan putri, serta High School (SMA) putra dan putri. Tahapan selanjutnya adalah city final, kemudian province final. Demi mencapai jangkauan yang luas, SSS International berencana menggelar turnamen secara serempak di empat provinsi, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur,” terang Direktur SSS Azwan Karim dalam keterangannya kepada media di Jakarta, Kamis (20/1/2022).

Lanjut Azwan, turnamen ini diadakan untuk mendukung lahirnya bibit-bibit muda potensial yang diharapkan dapat menjadi atlet profesional. Terlebih, ajang SEA Games 2022 yang segera berlangsung di Vietnam akan diramaikan dengan pertandingan dari cabang olahraga basket 3x3.

Berbagai kegiatan bola basket 3x3 harus digalakkan karena sejak hajatan olahraga Asian Games 2018 di Indonesia, basket 3x3 diperkenalkan sebagai salah satu cabang olahraga baru. Meski belum berhasil meraih medali, tim nasional basket 3x3 putri lolos hingga perempat final gelaran akbar se-Asia tersebut.

Hebatnya, timnas basket putri Indonesia sukses merebut medali perunggu pada turnamen FIBA 3x3 U-18 Asia 2018 di Cyberjaya, Malaysia. Sementara timnas basket 3x3 putra berhasil meraih medali perak setahun setelahnya di ajang SEA Games 2019 Filipina. Capaian ini tentu memberikan angin segar untuk perkembangan olahraga basket 3x3 yang semakin hari digandrungi masyarakat.

“Livin by Mandiri Indonesia 3x3 Tournament 2022 akan berikan kontribusi penuh, sekaligus menjadi wadah yang menjanjikan bagi kemajuan basket 3x3 di negeri ini. Sesuai tagline kami Youth Development,” ucap Azwan.

Ketum PP PERBASI Danny Kosasih yang hadir pada kesempatan yang sama juga menyambut gembira munculnya turnamen 3x3. Kerja sama dengan SSS ini adalah event resmi 3x3 kali pertama PERBASI.

“Kami sangat menyambut baik kegiatan ini. Melalui 3x3 akan terlihat anak-anak muda yang cinta bola basket untuk 3x3. Dimana saat ini kami sedang membutuhkan pemain yang konsentrasi di 3x3. Kedepan, PERBASI akan bentuk tim 3x3 junior sampai usia 23. Sebanyak 8 pemain putra dan 8 putri putri untuk masing-masing,” tutur Dany Kosasih.

Dany melanjutkan, dengan terbentuknya timnas Basket 3x3, maka tidak ada lagi yang bermain berpindah-pindah dari nomor 3x3 ke 5x5 atau sebaliknya. Karena menurut Dany perpindahan ini akan menyulitkan para pebasket menaikkan poin mereka di FIBA (Federasi Bola Basket Dunia).

“Timnas 3x3 memang harus dibentuk supaya tidak ganti-ganti orangnya, jadi nanti bisa fokus. Sebagai bentuk total dukungan kami, nantinya juara dari turnamen ini akan kami kirim ke kejuaraan dunia untuk kategori usia di bawah 18 tahun dan di bawah 23 tahun,” ujar Danny.

Legenda basket Indonesia Romy Chandra juga mengapresiasi langkah PERBASI, dengan menggelar turnamen bola basket nomor 3x3. Pria yang akrab disapa Gepeng ini menilai, bola basket nomor 3x3 memiliki banyak peminat namun minim kejuaraan.

“Nantinya yang juara bisa wakili kejuaraan di luar negeri di 3x3, ini apresiasi luar biasa. Anak muda harus termotivasi dengan keberadaan event-event seperti ini. Kedepan bisa wakili Indonesia dari 3x3 dan bawa harum nama Indonesia,” ungkap Romy.

Vice Presiden Corporate Secretary Bank Mandiri Diwangkoro Ratam menyambut baik event yang menekankan pada youth development. Dukungan atas kegiatan ini semakin menunjukkan totalitas Bank Mandiri dalam mendukung ekosistem bola basket dalam negeri.

“Kita dukung timnas, IBL, FIBA Asia Cup hingga FIBA World Cup 2023. Tapi kita juga melihat bagaimana youth development yang nanti akan dipantau untuk masuk timnas. Sebagai Badan Usaha Milik Negara, kita punya tanggung jawab bersama Perbasi meningkatkan prestasi Indonesia di bola basket,” kata Diwangkoro.

Dijadwalakn seluruh kompetisi akan berlangsung di di GOR Soemantri Brodjonegoro Kuningan, Jakarta Selatan. Namun saat final akan dihelat di One Bellpark Mall, Fatmawaty Jakarta Selatan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar