Hajar Guinea-Bissau 2-0 Nigeria Juara Grup D

KBRN, Jakarta: Nigeria sukses melenggang ke babak 16 besar PIala Afria 2021 dengan status juara grup D usai berhasil mengalahkan Guinea-Bissau dengan skor 2-0 pada partai pamungkas yang digelar di Roumde Adjia Stadium, Kamis (20/1/2022) dini hari WIB. The Super Eagles meraup hasil sempurna dengan meraih tiga kemenangan dari tiga laga fase grup. 

Dua gol kemenangan Timnas Nigeria pada laga kali ini seluruhnya terjadi pada babak Kedua. Gol pembuka dilesatkan oleh Umar Sadiq di menit ke-56, sebelum ditutup dengan gol dari William Troost-Ekong pada menit ke-75.

Unggul kualitas pemain dari tim lawan, Nigeria mampu menunjukan awal yang cukup baik dengan mencoba menampilkan tempo permainan yang cepat. Beberapa peluang berhasil didapatkan, namun Guinea-Bissau juga mampu bertahan dengan baik.

Di menit ke-20, Chidera Ejuke mampu membuat peluang emas bagi Nigeria untuk mencetak gol pertama di laga tersebut. Namun usahanya diblokir dengan baik dan gagal unggul lebih dulu dari Guiena-Bissau.

Meski tampil terttekan, Guinea-Bissau bebebrapa kali mencoba untuk melakukan serangan balik. Namun usaha mereka masih gagal karena Nigeria dapat dengan cepat mengambil alih penguasaan bola.

Beberapa upaya terus dilakuakn oleh kedua tim untuk memperoleh keunggulan di babak pertama. Namun hingga akhir turun munum tidak ada gol yang  dapat tercipta, sehingga skor sementara masih berimbang 0-0.

Dominasi kembali diperlihatkan Nigeria di babak kedua. Beberapa peluang berhasil didapatkan, namun masih belum juga ada yang membuahkan gol. 

Meski begitu, Nigeria tetap gigih untuk melancarkan serangan. Hasilnya Umar Sadiq mampu membuat Nigeria unggul terlebih dahulu di menit ke-56 setelah mampu menerima operan dengan baik dan mengahrakan ke sisi kiri gawang. 

Keunggulan Nigeria bertambah di menit ke-75.  William Troost-Ekong berhasil mecetak gol kedua bagi Nigeria dan semakin memperlebar jarak dengan Guinea-Bissau.

Guinea-Bissau mencoba untuk mempekecil ketertinggalan di waktu yang tersisa, namun Nigeria masih  cukup dominan di laga tersebut. Hasilnya, tidak ada tambahan gol tercipta dan laga berakhir 2-0. 

Bekat kemenangan ini, Nigeria berhak lolos ke fase knock out atau 16 besar Piala Afrika 2021 dengan poin sempurna, yakni 9 poin hasil dari tiga kemenangan dari tiga laga. Sementara untuk Guinea-Bissau harus mengakhiri langkah di turnamen kali ini lebih cepat.

Susunan Pemain:

Timnas Guinea-Bissau (4-2-3-1): Maurice Gomis; Jefferson Encada, Opa Sangante, Sori Mane, Fali Cande; Bura Nogueira, Moreto Cassama (Leonel Ucha 78'); Jorge Intima (Frederic Mendy 70'), Panutche Camara (Alfa Semedo 69'), Piqueti (Steve Omar Ambri 70'); Mama Balde (Mauro Rodrigues 88')

Timnas Nigeria (4-2-2-2): Francis Uzoho; Tyronne Ebuehi (Olisa Ndah 76'), William Troost-Ekong, Semi Ajayi, Jamilu Collins; Kelechi Nwakali, Wilfried Ndidi; Chidera Ejuke (Moses Simon 57'), Alex Iwobi; Kelechi Iheanacho (Henry Onyekuru 85'), Umar Sadiq (Peter Olayinka 57').

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar