Ditahan Malawi 0-0, Senegal ke 16-Besar Piala Afrika

KBRN, Jakarta: Skuad bertabur bintang Timnas Senegal harus puas dengan hasil imbang saat berhadapan dengan Timnas Malawi pada partai pamungkas fase grup Grup B Piala Afrika 2021. Skor kacamata menjadi hasil laga di Stade Omnisports de Bafoussam, Rabu (19/1/2022) dini hari WIB. Meski begitu, hasil imbang ini sudah cukup untuk membawa Senegal lolos ke babak 16-besar Piala Afrika 2021.

Meski diperkuat bintang-bintang liga top Eropa, macam Sadio Mane (Liverpool), Edouard Mendy (Chelsea), Kalidou Koulibaly (Napoli), hingga Bouna Sarr (Bayern), Senegal kesulitan untuk menciptakan gol dalam laga kali ini.

Unggul segalanya, Senegal langsung bermain menyerang begitu pertandingan dimulai. Sadio Mane nyaris membawa timnya memimpin pada menit keenam. Tetapi, sepakannya masih melambung.

Malawi juga tidak mau kalah. Mereka pun berupaya untuk mencari celah di pertahanan Senegal pada menit ke-16. Sayang, peluang Khuda Muyaba bisa ditepis kiper Senegal, Edouard Mendy.

Memasuki menit ke-24, Malawi kembali memperoleh peluang. Melalui skema serangan balik, mereka melancarkan tekanan. Tetapi, mereka belum bisa mematahkan penjagaan Mendy.

Senegal masih belum bisa melepaskan diri dari tekanan yang diberikan Malawi. Mereka nyaris saja kebobolan pada menit ke-32. Tetapi, tembaka bebas Mician Mhone membentur tiang gawang.

Para penggawa Malawi masih penasaran dan terus menyerang. Pada menit ke-40, Gomezgani Chirwa melepaskan tendangannya. Tetapi, Mendy menepisnya dan membuat babak pertama usai sama kuat, 0-0.

Begitu paruh kedua dimulai, Senegal tampak dapat mengembangkan serangan. Hanya saja, beberapa peluang yang mereka dapatkan belum bisa menembus pertahanan Malawi.

Pada menit 49, Senegal mendapat peluang emas. Habib sukses melepas sundulan keras dan akurat di kotak penalti Malawi, tetapi bola masih bisa ditepis Thom.

Pada menit 53, Mhango melepas tendangan bebas. Namun, akurasinya masih melenceng dari gawang Senegal. Di menit 59, Thom kembali tampil cemerlang. Ia menepis tendangan bebas akurat dari Gueye.

Setelah berjalan cukup alot, terjadi drama pada menit ke-75. Sarr tampak melanggar pemain Malawi di kotak penalti Senegal. Wasit mengecek VAR dan memutuskan tak ada hadiah penalti untuk Malawi.

Memasuki 10 menit terakhir, Senegal mencoba untuk mempercepat tempo permainan. Mereka nyaris membuat gol. namun, skor tak mengalami perubahan dan laga berakhir dengan skor 0-0.

Hasil ini sudah cukup mengantarkan Senegal untuk melaju ke babak 16 besar Piala Afrika 2021. Mereka menjadi juara Grup B dengan koleksi lima poin. Sedangkan Malawi harus tersingkir, usai berada di posisi ketiga.

Susunan Pemain:

Timnas Malawi (4-4-2): Thom; Sanudi, Chaziya, Chembezi, Chirwa; Mhone (Chester 67), Idana  (Ngalande 79), Banda, Madinga (Phiri 79); Mhango, Muyaba (Mbulu 67)

Pelatih: Mario Marinica

Timnas Senegal (4-3-3): E.Mendy; Ciss (Ballo-Toure 86), A. Diallo, Koulibaly, Sarr; N.Mendy (P.Gueye), I.Gueye, Kouyata; Sadio Mane, H.Diallo (Bamba Dieng 60), Dia (Diedhiou 72)

Pelatih: Aliou Cisse.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar